Bursa Hong Kong Akhir Pekan Berakhir Datar; Mingguan Naik 0,22%

935
indeks hang seng

Bursa Hong Kong pada akhir pekan mengalami tekanan, sehingga ditutup datar untuk minggu ini. Pasar dibayangi kekhawatiran akan keputusan MSCI minggu ini yang memasukkan saham yang terdaftar di Tiongkok ke indeks global, hal ini dinilai dapat melemahkan peran kota tersebut sebagai pintu gerbang untuk berinvestasi di Tiongkok.

Indeks Hang Seng ditutup dengan kehilangan -4,48 poin, atau -0,02 persen, pada level 25.670,05. Untuk mingguan indeks naik 0,22 persen.

Minggu ini kenaikan ditopang oleh kenaikan yang terjadi di bursa global, dan didorong juga oleh menguatnya pasar di kawasan Asia selama beberapa hari.

Pada sesi ini saham utilitas dan industri meraup keuntungan, diimbangi oleh penurunan tajam di sektor jasa.

Fosun International dan Fosun Pharmaceutical naik tajam, setelah perusahaan mengatakan operasional sudah berjalan normal, sebagai tanggapan atas laporan media tentang penyeledikan terhadap pinjaman kepada perusahaan induk mereka.

Pada sesi sebelumnya, saham tersebut turun karena berita regulator perbankan telah memerintahkan pengecekan pinjaman luar negeri ke beberapa perusahaan Tiongkok yang diakuisisi, termasuk Fosun, Wanda, HNA Group dan Zheijang Luosen.

Malam nanti akan dirilis data New Home Sales Mei dan data Markit Juni yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir akan menguatkan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Hang Seng akan bergerak positif terdukung penguatan bursa Wall Street.

Evi/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here