Bursa Shanghai Berakhir Positif Setelah Keputusan MSCI; Mingguan Menguat 1,1%

909

Bursa saham Tiongkok naik pada hari Jumat (23/06) untuk sesi akhir pekan, karena tanda-tanda dari ketatnya likuiditas telah mereda dan juga sentimen terangkat oleh keputusan MSCI untuk memasukkan saham-saham Tiongkok dalam sebuah indeks global.

Indeks Shanghai ditutup naik 9,98 poin, atau 0,32 persen, pada level 3157,43. Indeks minggu ini berhasil naik 1,1 persen.

MSCI pada hari Selasa mengatakan bahwa pihaknya akan menambah 222 saham yang terdaftar di Tiongkok ke Emerging Markets Index (EMI), dengan proses penyertaannya mulai Juni 2018.

Analis memperkirakan penyertaan tersebut akan menjadi dorongan signifikan bagi pasar saham Tiongkok dalam jangan panjang dan membuka jalan bagi arus masuk modal global ke saham A-Tiongkok.

Kondisi likuiditas yang ketat juga mereda, dengan pemerintah baru-baru ini melonggarkan pengetatan peraturan kreditnya.

Bank sentral juga bergerak untuk menjaga stabilistas di pasar keuangan pada waktu-waktu tertentu, termausk menyediakan dana melalui operasi pasar terbuka menjelang penilaian makro tengah tahun.

Untuk minggu ini, saham perbankan dan konsumen termasuk di antara sektor dengan kinerja terbaik, karena mereka mewakili bobot terbesar saham Tiongkok di Emerging Markets Index.

Malam nanti akan dirilis data New Home Sales Mei dan data Markit Juni yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir akan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Shanghai akan bergerak positif jika penguatan Wall Street terjadi, dan optimisme dengan masuknya saham Tiongkok ke indeks MSCI.

Evi/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here