Harga Minyak Mentah Sesi Asia Naik Terdukung Bargain Hunting

608

Harga minyak mentah naik pada perdagangan hari Jumat (23/06) di sesi Asia terdukung bargain hunting, pulih penurunan tajam di awal minggu ini, namun minyak mentah masih mengalami penurunan terburuk pada semester pertama dalam dua dekade meskipun terjadi penurunan produksi.

Harga minyak mentah berjangka A.S. West Texas Intermediate (WTI) naik 16 sen atau 0,37 persen menjadi $ 42,90 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent berada di $ 45,40 per barel, naik 18 sen atau 0,4 persen.

Harga minyak telah turun sekitar 20 persen tahun ini kendati ada upaya yang dipimpin oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) untuk memangkas produksi sebesar 1,8 juta barel per hari (bpd) yang telah ada sejak Januari.

Itu adalah kinerja babak pertama terburuk untuk minyak mentah sejak 1997, saat kenaikan produksi dan krisis keuangan Asia menyebabkan harga turun tajam.

Pasar yang lemah merupakan hasil keraguan atas kemampuan OPEC untuk mengendalikan kelebihan pasokan bahan bakar yang memiliki pasar yang mantap sejak 2014 karena produksi sebagian besar melampaui konsumsi.

“Pasar tetap skeptis terhadap kemampuan OPEC untuk menyeimbangkan pasokan,” kata bank ANZ pada hari Jumat.

Inti dari kelebihan pasokan adalah bahwa upaya baru-baru ini untuk mengurangi produksi dari pemasok tradisional OPEC dan Rusia telah dipenuhi oleh produksi yang melonjak dari Amerika Serikat.

Sebagian besar berkat pengebor serpih, produksi minyak A.S. telah meningkat lebih dari 10 persen sepanjang tahun lalu menjadi 9,35 juta bpd, mendekati tingkat eksportir utama Arab Saudi.

Kelebihan produksi telah meninggalkan tangki penyimpanan di seluruh dunia yang membengkak.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah akan bergerak naik dengan upaya bargain hunting. Namun kekuatiran peningkatan produksi global masih menjadi sentimen bearish. Harga minyak mentah diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 43,25-$ 43,75, dan jika harga lanjutkan pelemahan akan menembus kisaran Support $ 42,25-$ 41,75.

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here