Indeks Nikkei 26 Juni Menguat; Dolar AS Stabil Mengatasi Yen

348
Photo by Vibizmedia

Perdagangan saham di bursa Tokyo pada hari Senin (26/06) menguat karena dolar-yen bertahan stabil, sementara perhatian investor tertuju pada Takata Corp setelah mengajukan perlindungan kebangkrutan.

Perusahaan mengatakan akan mencari bantuan keuangan sebesar 1,588 miliar dolar A.S., dari pemasok komponen kunci berbasis sistem A.S.

Bursa saham Tokyo mengatakan saham Takata akan dihapus pada tanggal 27 Juli setelah mengajukan perlindungan kebangkrutan. Saham tersebut akan ditangguhkan perdagangan sahamnya pada hari ini, setelah ditutup pada 160 yen pada hari Jumat.

Indeks Nikkei diperdagangkan naik 24,70 poin, atau 0,12 persen, pada level 20.157,37. Analis memperkirakan pasar saham didikung oleh harapan pendapatan yang solid.

Pada sisi lain, saham Toshiba Corp jatuh sebanyak 6,9 persen setelah Bursa Efek Tokyo memutuskan untuk menurunkan saham ke bagian keduanya pada Agustus.

Saham pertambangan melakukan rally setelah harga minyak naik pada hari Senin. Inpex Corp naik 1,7 persen dan Japan Petroleum Exploration naik 1,2 persen.

Sedangkan saham keuangan melemah, dengan bank dan perusahaan asuransi masing-masing turun 0,5 persen dan 0,9 persen. Sumitomo Mitsui Financial Group turun 1,0 persen, Dai-ichi Life Holdings turun 1,0 persen dan T & D Holdings turun 0,9 pers en.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Nikkei akan bergerak positif jika pelemahan Yen berlanjut.

Evi/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here