Optimisme Bisnis Juni Jerman Naik Tertinggi Sejak 1991

275

Optimisme bisnis Jerman melonjak ke rekor tertinggi baru di bulan Juni, demikian sebuah survei yang diawasi ketat pada hari Senin (26/06).

Indeks Iklim Bisnis ifo naik menjadi 115,1 poin di bulan Juni dari 114,6 poin bulan lalu, memecahkan rekornya sejak 1991.

Optimisme di kalangan bisnis Jerman menggembirakan, demikian Presiden Ifo yang berbasis di Munich, Dr. Clemens Fuest dalam sebuah pernyataan.

Dua sub indeks Ifo mengalahkan perkiraan, dengan ukuran kondisi ekonomi saat ini meningkat menjadi 124,1 di bulan Juni dari 123,3 yang direvisi dan perkiraan ekspektasi membaik menjadi 106,8 dari 106,5.

Indeks Iklim Bisnis Ifo didasarkan pada 7.000 tanggapan survei bulanan dari perusahaan-perusahaan di bidang manufaktur, konstruksi, penjualan grosir dan ritel.

Pada bulan Juni, indeks manufaktur naik sedikit. Secara grosir iklim bisnis membaik untuk bulan ketiga berturut-turut mencapai tingkat tertinggi sejak Desember 2010. Indeks ritel juga meningkat. Optimisme pengecer tentang prospek bisnis jangka pendek mencapai level tertingginya sejak September 2015.

Tapi indeks dalam konstruksi turun. Kontraktor sedikit mengurangi penilaian mereka terhadap situasi bisnis saat ini dan harapan bisnis, yang tetap berada pada tingkat tinggi.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here