Perbankan Italia Terselamatkan, Pemerintah Gelontorkan Dana Bantuan Senilai 17 Miliar Euro

396

Perbankan Italia memimpin kenaikan pada indeks patokan Milan dan indeks Stoxx 600 Banks setelah pemerintah mengatakan akan menggelontorkan bantuan senilai 17 miliar euro ($ 19 miliar) untuk membersihkan dua bank gagal di wilayah Veneto, sementara Intesa Sanpaolo SpA setuju untuk mengambil alih Aset yang masih layak secara ekonomis.

Intesa adalah pemain terbaik di indeks FTSE MIB, naik sebanyak 4 persen. BPER Banca SpA, UniCredit SpA, Unione di Banche Italiane SpA dan Banco BPM SpA naik lebih dari 3 persen pada pukul 11:03 am di perdagangan Milan.

Pemerintah Italia mencoba berbulan-bulan untuk menemukan cara untuk mempertahankan Banca Popolare di Vicenza SpA dan Veneto Banca SpA, termasuk seruan kepada pengusaha kaya di wilayah tersebut untuk berkontribusi dalam penyelamatan besar ini. Sementara itu, Intesa setuju untuk membeli aset yang masih baik dari kedua bank tersebut seharga 1 euro.

Ini adalah akhir yang membahagiakan bagi sistem perbankan Italia, yang menghilangkan risiko sistemik dan terutama untuk Intesa, yang memperoleh banyak asset yang masih baik dengan harga sangat murah, bahkan hampir gratis, demikian pernyataan Carlo Tommaselli, seorang analis dari Credit Suisse Group AG.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here