Keuntungan Perusahaan Industri Tiongkok Naik Hampir 17 Persen di Bulan Mei

453

Keuntungan pada perusahaan industri Tiongkok melonjak 16,7 persen di bulan Mei dari tahun sebelumnya, meningkat dari bulan April dan mengalahkan ekspektasi perlambatan dalam menghadapi kenaikan biaya pinjaman dan pasar properti yang menurun.

Keuntungan Mei naik menjadi 625,99 miliar yuan ($ 91,52 miliar), Biro Statistik Nasional (NBS) mengatakan di situsnya pada hari Selasa (27/06).

Untuk lima bulan pertama tahun ini, keuntungan mencapai 2,9 triliun yuan, naik 22,7 persen dari periode yang sama tahun lalu dan lebih rendah dari pertumbuhan tahunan 24,4 persen pada periode Januari-April.

Pertumbuhan pendapatan industri yang optimis di bulan Mei sebagian besar didorong oleh lanjutan permintaan bijih besi dan komoditas lainnya yang digunakan untuk memberi makan lonjakan konstruksi sepanjang tahun.

Belanja infrastruktur di Tiongkok telah membantu memacu penjualan dan harga bahan bangunan, menghidupkan kembali keuntungan untuk industri cerobong asap yang telah lama sakit seperti pabrik baja dan smelter.

Pejabat biro statistik Tiongkok manyatakan pertumbuhan laba di industri seperti mobil, tenaga dan tembakau diperkirakan akan pulih.

Biaya operasi sebagai proporsi pendapatan operasional naik dalam basis tahunan untuk bulan ketiga berturut-turut di bulan Mei, yang perlu diawasi ketat.

Dengan inflasi harga produsen yang mencapai puncaknya, profitabilitas dan investasi baru terlihat meruncing tahun ini.

Inflasi pabrik Tiongkok turun untuk bulan ketiga berturut-turut pada bulan Mei dengan harga bahan baku yang melorot, menandakan pendinginan yang lebih luas dalam aktivitas ekonomi karena keuntungan diperas oleh berkurangnya permintaan domestik dan meningkatnya biaya pendanaan.

Kekhawatiran tentang Tiongkok tumbuh setelah Moody’s Investors Service menurunkan peringkat kreditnya bulan lalu. Badan tersebut mengatakan mereka memperkirakan kekuatan keuangan Tiongkok akan terkikis dalam tahun-tahun mendatang karena pertumbuhan melambat dan hutang terus meningkat.

Biro statistik Tiongkok mengatakan, kinerja ekonomi bulan ini pada periode ekonomi Januari-Mei memberikan dasar yang kuat untuk mencapai target pertumbuhan setahun penuh sekitar 6,5 persen.

Pertumbuhan kuat Tiongkok mendorong Dana Moneter Internasional bulan ini untuk meningkatkan proyeksi pertumbuhan 2017 menjadi 6,7 persen dari 6,6 persen.

Kewajiban perusahaan industri naik 6,5 persen year-on-year hingga akhir Mei, kata biro statistik.

Keuntungan pada perusahaan-perusahaan milik negara Tiongkok naik 53,3 persen pada 652,04 miliar yuan pada Januari-Mei, dibandingkan dengan kenaikan 58,7 persen dalam empat bulan pertama.

Data tersebut mencakup perusahaan dengan pendapatan operasi tahunan lebih dari 20 juta yuan dari operasi utama mereka.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here