Optimisme Konsumen Juni Korea Selatan Naik Tertinggi 6,5 Tahun

659

Didukung oleh harga saham dan perumahan yang meningkat dan ekspektasi tinggi untuk pemerintah baru yang menjanjikan pembelanjaan fiskal yang agresif untuk meningkatkan perekrutan dan pendapatan, kepercayaan konsumen Korea Selatan meningkat untuk bulan kelima berturut-turut di bulan Juni untuk mencapai tertinggi dalam enam tahun dan enam bulan.

Menurut Bank of Korea (BOK) pada hari Selasa (27/06), indeks komposit konsumen (CCSI) untuk Juni mencapai 111,1, naik 3,1 poin persentase dari bulan sebelumnya dan tertinggi sejak 111,4 pada Desember 2010. Angka di atas 100 mengindikasikan bahwa konsumen Lebih positif daripada negatif tentang ekonomi.

Sentimen konsumen Korea telah tertekan secara meyakinkan sejak tahun 2014, tenggelam ke 93,3 di bulan Januari di tengah kerusuhan politik dan sosial setelah impeachment legislatif mantan presiden Park Geun-hye.

Suasana hati konsumen meningkat di tengah tanda-tanda pemulihan yang dipimpin oleh ekspor dan stabilitas politik setelah pemilihan presiden di bulan Mei yang menormalkan pemerintahan negara.

Saham Korea telah melayang di puncak tertinggi karena kinerja ekspor yang luar biasa. Mulai pukul 12.50 Indeks harga saham gabungan Korea berada pada rekor tertinggi di 2.393,84, naik 5,18 poin dari finish sebelumnya.

Survei untuk bulan ini dilakukan dari tanggal 13 sampai 20 Juni di 2.200 rumah tangga di seluruh negeri, yang melibatkan 2.029 rumah tangga.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here