Pasar Tunggu Fed, Yen Naik 0,2 persen Menjadi 111,71 Per dolar

650

Saham global bergerak mixed karena investor sedang menunggu penampilan ketua Fed, Janet Yellen yang akan memberikan petunjuk mengenai prospek suku bunga dan ekonomi Amerika.

Perdagangan mata uang yuan naik dua kali lipat, tidak seperti biasanya setelah serangkaian saham Hong Kong pada hari sebelumnya tiba-tiba turun. Enam belas perusahaan mengalami penurunan lebih dari 50 persen pada saat istirahat makan siang, kehilangan nilai pasar HK $ 39,8 miliar ($ 5,1 miliar). Pedagang menghubungkannya dengan beberapa perusahaan dan broker yang berada di bawah penyelidikan berkaitan dengan peraturan.

Melemahnya data mengenai barang tahan lama A.S. menambah kekhawatiran tentang kekuatan pertumbuhan ekonomi Negara ini setelah kekalahan terakhir di pasar minyak dan tanda-tanda bahwa tingkat inflasi akan mengikuti ekspektasi. Beberapa investor khawatir Fed akan mengambil sikap terlalu optimis mengenai pertumbuhan ekonomi AS yang akan mendorong kenaikan suku bunga lebih lanjut.

Saham

Indeks Stoxx Europe 600 tergelincir 0,2 persen pada pukul 8:22 pagi di London, dipimpin penurunan pada saham-saham pembuat mobil yang dibayangi penguatan pada saham-saham di sektor sumber daya dasar.
Topix Jepang naik 0,4 persen, ke level penutupan tertinggi sejak Agustus 2015.
Kospi Korea Selatan menambahkan 0,1 persen, dengan E-Mart Inc. dan Lotte Shopping Co naik lebih dari 4 persen. Kepercayaan konsumen naik ke level tertinggi sejak Januari 2011 seiring ekspor tumbuh dan kebijakan presiden baru tentang penciptaan lapangan kerja memacu optimisme.
Hang Seng dari Hong Kong sedikit berubah dan Shanghai Composite Index menguat 0,2 persen.
The NEXT FUNDS Ibovespa Linked Exchange Traded Fund, yang melacak indeks patokan Brasil, naik 0,6 persen di perdagangan Tokyo.
Kontrak pada indeks S & P 500 tergelincir kurang dari 0,1 persen. Nasdaq 100 turun 0,4 persen.

Mata uang

Yen lepas landas melonjak 0,4 persen pada lonjakan sore, setelah menghabiskan sebagian besar bagian awal hari yang melemah . Yuan yang diperdagangkan di pasar onshore Shanghai naik sebanyak 0,4 persen sebelum melakukan pengupas itu menjadi 0,2 persen.
Yen naik 0,2 persen menjadi 111,71 per dolar, setelah turun 0,5 persen pada Senin. Indeks Spot Bloomberg Dollar turun 0,1 persen setelah menguat 0,1 persen pada sesi sebelumnya.
Pound Inggris stabil di $ 1,2722. Euro naik kurang dari 0,1 persen menjadi $ 1,1190.

Komoditi

Minyak mentah West Texas Intermediate naik 0,7 persen menjadi $ 43,69 per barel, emas naik 0,5 persen menjadi $ 1,250.68 per ounce. Logam mulia merosot hampir 1 persen pada hari Senin.

Obligasi

Hasil pada Treasuries 10 tahun turun satu basis poin menjadi 2,13 persen, setelah turun kurang dari satu basis poin pada hari Senin.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here