EURUSD Sesi Eropa (28/6) Berhasil Capai Puncak Tinggi 1 Tahun

699

Pergerakan pair EURUSD hari Rabu (28/6) masih terus melanjutkan rally yang didapat dari tenaga rally perdagangan hari sebelumnya pasca pernyataan Presiden ECB dalam Forum Bank Sentral di Portugal hari Selasa (27/6). Perdagangan sebelumnya pair berhasil mencapai rekor sepanjang tahun dan pada perdagangan sesi Eropa telah mencetak penguatan tertinggi sejak perdagangan bulan Juni 2016.

Mario Draghi dalam pidatonya kemarin menyatakan  bahwa stimulus besar bank sentral akan secara bertahap ditarik karena ekonomi zona Euro yang membaik terus berlanjut. Komentar hawkish ini membuat pasar membeli banyak kurs kawasan satu mata uang Euro terhadap dollar AS. Akibatnya posisi dollar AS pun semakin terpuruk, dan pada sesi Eropa terkini dollar sedang terjun ke posisi terendah 8 bulan di kisaran 96.00.

Dollar AS sedang terpukul oleh penundaan undang-undang jaminan kesehatan AS yang dinanti-nantikan, pasalnya  telah menimbulkan kekhawatiran bahwa pemerintah Trump mungkin terus menghadapi kesulitan untuk mengumpulkan cukup banyak dukungan untuk kebijakan pro-pertumbuhan ekonomi lainnya, seperti reformasi pajak dan belanja infrastruktur.

Pergerakan pair EURUSD sesi Eropa (18:30:21 WIB)  bergerak kuat  setelah  dibuka lebih tinggi dari perdagangan sebelumnya  pada posisi   1.1338  di awal  perdagangan  sesi Asia (07.00 WIB),  EURUSD kini berada di posisi 1.1367 dan sebelumnya sempat menyentuh posisi tertinggi  di 1.1386.

Untuk perdagangan selanjutnya secara teknikal EURUSD mensinyalkan pergerakan positif hingga akhir sesi, namun diwaspadai rebound dollar AS oleh kuatnya yield obligasi Amerika Serikat dan rilis data ekonomi yang memberika sentimen positif.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here