Bursa Eropa 29 Juni Mixed; Pasar Nantikan Pertemuan NATO dan Rencana Buyback Bank AS

678

Bursa Eropa mixed pada perdagangan Kamis (29/06) karena investor menantikan hasil pertemuan menteri pertahanan NATO dan mencerna rencana buyback bank-bank besar AS.

Indeks FTSE bergerak pada 7404.29, naik 16.49 poin atau 0,22%

Indeks DAX bergerak pada 12610.05, turun -37,22 poin atau -0,29%

Indeks CAC bergerak pada 5217.41, turun -35.49 poin atau -0.68%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10679.80, turun -22.90 poin atau -0.21%

Indeks Pan-European Stoxx 600 turun 0,11 persen pada transaksi awal, dengan bursa dan sektor utama bergerak ke arah yang berbeda. Euro terus menguat, diperdagangkan pada $ 1,1413 setelah greenback turun di perdagangan A.S. karena investor merasakan bahwa kebijakan moneter yang ketat dapat segera melampaui A.S. ke Eropa dan Kanada.

Sumber daya dasar adalah sektor dengan kinerja terbaik, naik 2,24 persen. Rio Tinto naik 2,9 persen pada benchmark Eropa setelah pemegang saham menyetujui penjualan aset batubara senilai $ 2,69 miliar ke Yancoal yang didukung Tiongkok.

Saham perbankan juga naik pada hari Kamis, didukung oleh sebuah aksi rally di Wall Street setelah Federal Reserve setuju untuk memberikan 34 bank A.S. terbesar lampu hijau untuk rencana buyback. Deutsche Bank dan Commerzbank naik lebih dari 2 persen. HSBC, sementara itu, mencapai level tertinggi empat tahun, meningkat 4,4 persen.

Peritel fashion H & M juga naik 2,5 persen setelah mengalahkan ekspektasi analis dan melaporkan kenaikan laba 10 persen.

Sementara itu, saham media bergerak lebih rendah karena investor bersiap untuk melihat apakah pengambilalihan Sky senilai 21,7 Miliar Fox ($ 15,1 miliar) menerima penerusnya. Keputusan tersebut akan keluar nanti Kamis.

Juga pada hari Kamis, pemimpin pertahanan NATO akan bertemu di Brussels sementara Kanselir Jerman Angela Merkel akan menjadi tuan rumah kepala negara Eropa dalam sebuah pertemuan persiapan G-20.

Di Asia, Presiden Tiongkok XI Jing Ping akan tiba di Hong Kong untuk merayakan ulang tahun ke 20 pemerintahan Tiongkok.

Sore ini telah dirilis data Gfk Consumer Confidence Juli Jerman dan Business Confidence, Consumer Confidence Zona Eropa yang menguat.

Analyst Vibiz Resaerch Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak mixed dengan positifnya data ekonomi zona Eropa mengimbangi kewaspadaan pasar menantikan hasil pertemuan NATO. Juga akan mencermati hasil buyback saham-saham bank besar AS.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here