Pertumbuhan Ekonomi Q1 AS Naik Melebihi Perkiraan

1023
Vibizmedia Photo

Pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal pertama naik melebihi perkiraan, karena belanja konsumen dan perdagangan menambahkan lebih banyak pada pertumbuhan daripada yang dilaporkan sebelumnya, demikian data Departemen Perdagangan ditunjukkan hari Kamis (29/06).

Produk domestik bruto naik pada tingkat tahunan 1,4%, naik dari perkiraan sebelumnya 1,2%.

Belanja konsumen, bagian terbesar dari ekonomi, naik 1,1% dari perkiraan sebelumnya pada 0,6%.

Ekspor tumbuh 7%, direvisi dari 5,8%

Sementara revisi tersebut lebih positif daripada yang diperkirakan oleh sebagian besar analis, laporan tersebut masih menggarisbawahi awal yang relatif lemah tahun ini, dengan belanja konsumen tumbuh paling lambat sejak 2013. Cuaca dan faktor sementara lainnya pada periode tersebut, seiring dengan kenaikan upah dan gaji, mendukung upaya rebound yang dipimpin konsumen di kuartal kedua. Para pembuat kebijakan Federal Reserve menaikkan suku bunga awal bulan ini, melihat perlambatan kuartal pertama sebagai sementara karena pasar tenaga kerja membaik.

Departemen Perdagangan menghubungkan revisi terbaru terhadap data pengeluaran untuk layanan keuangan, asuransi dan perawatan kesehatan. Ekspor pasokan industri dan bahan lebih tinggi dari yang dilaporkan sebelumnya, mendorong kontribusi perdagangan terhadap ekspansi pada periode tersebut.

Analis memperkirakan ekonomi A.S. akan tumbuh pada tingkat 3 persen pada periode April sampai Juni, meskipun perlambatan dalam pesanan peralatan dan pengiriman yang dilaporkan awal pekan ini menimbulkan risiko bahwa investasi bisnis akan memberikan dorongan yang lebih sedikit daripada yang diantisipasi. Penjualan pendingin mobil dan sektor perumahan yang dibatasi oleh kelangkaan rumah terjangkau juga tetap menjadi pendukung bagi perekonomian tahun ini.

Persediaan dikurangi 1,11 persen dari pertumbuhan pada bulan Januari sampai Maret, dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya sebesar 1,07 poin persentase hambatan.

Ekspor neto menambahkan 0,23 persentase poin terhadap pertumbuhan PDB, direvisi dari penambahan 0,13 poin.

Mengeluarkan persediaan dan perdagangan, dua komponen yang paling mudah menguap dari PDB, yang disebut penjualan akhir untuk pembeli domestik meningkat pada tingkat 2,3 persen, direvisi dari 2,1 persen.

Investasi tetap nonresidensial, atau pengeluaran untuk peralatan, struktur dan kekayaan intelektual, naik dengan kecepatan 10,4 persen per tahun, direvisi dari 11,4 persen; Masih yang tercepat dalam lima tahun; Penyesuaian mencerminkan statistik pengeluaran konstruksi.

Belanja layanan kesehatan direvisi hingga 0,27 persen kontribusi persentase terhadap pertumbuhan, dari 0,1 poin; Pengeluaran untuk layanan keuangan dan asuransi bertambah 0,33 poin, direvisi dari 0,12 poin.

Pendapatan pribadi disposable riil naik dengan kecepatan 1,7 persen yang tidak direvisi.

Laba perusahaan naik 3,3 persen dari tahun sebelumnya, direvisi dari 3,7 persen.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here