Pertumbuhan Ekonomi Q1 Inggris Melambat, Masih Sejalan Dengan Perkiraan

723

Pertumbuhan ekonomi Inggris kuartal pertama tahun ini naik 0,2% sejalan dengan perkiraan konsensus dan pertumbuhan secara tahunan juga mencapai perkiraan konsensus pada 2,0%. Namun melambat dibandingkan bulan sebelumnya yang naik 0,7% secara bulanan.

Ada revisi kecil penurunan untuk pertumbuhan sektor jasa menjadi 0,1% dari 0,2%. Perkiraan produksi tidak berubah dengan pertumbuhan yang kecil sementara ada revisi ke atas yang signifikan terhadap pertumbuhan di sektor konstruksi.

Pendapatan disposable rumah tangga riil turun 1,4% di kuartal ini, hasil terlemah sejak kuartal pertama 2013 dan terjadi penurunan pendapatan riil untuk tiga kuartal berturut-turut untuk pertama kalinya dalam 40 tahun. Ada juga penurunan rasio tabungan ke rekor rendah sebesar 1,7%.

Data investasi memenuhi harapan konsensus dengan kenaikan kuartalan 0,6% dengan bukti tentatif pemulihan.

Data secara keseluruhan akan memperkuat kekhawatiran seputar belanja konsumen dengan tekanan daya beli yang tak terelakkan mengingat penurunan pendapatan riil sementara ada sedikit ruang untuk penurunan rasio tabungan lebih lanjut. Kekhawatiran akan tren belanja cenderung akan mengikis sentimen.

Dalam konteks ini, tren di bidang ekonomi lainnya akan sangat penting dalam menentukan apakah Bank of England akan berada pada posisi untuk menaikkan suku bunga selama paruh kedua tahun 2017.

Defisit neraca berjalan kuartal pertama mendekati perkiraan konsensus pada £ 16,9 miliar dari £ 12,1 miliar pada triwulan sebelumnya.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here