Produksi Industri Mei Korea Selatan Meningkat

479

Produksi industri Korea Selatan meningkat di bulan Mei dari bulan sebelumnya pada kenaikan dalam produksi semikonduktor, data pemerintah menunjukkan hari Jumat (30/06).

Produksi di industri pertambangan, manufaktur, gas dan listrik naik tipis 0,2 persen bulan ini bulan lalu, rebound dari penurunan 2,2 persen pada bulan April, menurut data oleh Statistik Korea.

Dari tahun sebelumnya, angka tersebut juga naik 0,1 persen bulan lalu karena kenaikan mesin dan komponen elektronik diimbangi oleh penurunan tajam pada peralatan transportasi.

Produksi di sektor jasa turun 0,3 persen bulan lalu dari bulan sebelumnya, dengan kenaikan 2,1 persen pada tahun ini.

Penjualan ritel turun 0,9 persen bulan lalu dibandingkan dengan bulan sebelumnya namun membukukan kenaikan 1,6 persen dari tahun sebelumnya.

Untuk semua industri, produksi turun 0,3 persen pada bulan Mei dibandingkan bulan sebelumnya namun naik 2,4 persen dari tahun sebelumnya, data menunjukkan.

Perputaran dalam produksi industri bulanan terjadi karena produksi chip naik 9,1 persen pada bulan Mei, berayun dari penurunan 9,5 persen di bulan April. Produksi komponen elektronik juga rebound menjadi 4,7 persen bulan lalu dari penurunan 3,6 persen di bulan sebelumnya.

Bisnis semikonduktor telah bergulir selama berbulan-bulan untuk memulihkan permintaan global namun menunjukkan pertumbuhan negatif di bulan April karena pengiriman yang lemah ke Tiongkok.

Meskipun mengalami kenaikan di sektor semikonduktor dan komponen elektronik, produksi mobil terus turun rata-rata selama dua bulan berturut-turut di bulan Mei, mencatat penurunan 1,9 persen, sementara peralatan komunikasi merosot 18,2 persen pada bulan sebelumnya.

Rata-rata tingkat operasi fasilitas manufaktur mencapai 71,4 persen di bulan Mei, turun 0,5 persen dari bulan sebelumnya.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here