Optimisme Perusahaan Besar Jepang Q2-2017 Meningkat

859

Laporan Tankan Jepang menunjukkan optimisme produsen besar mengalahkan ekspektasi, dengan indeks menyentuh level tertinggi tiga tahun.

Indeks Produsen Besar untuk bulan Juni datang lebih tinggi dari yang diperkirakan di +17, dibandingkan dengan perkiraan jajak pendapat Reuters untuk +15. Itu naik dari +12 pada survei bulan Maret.

Indeks Produsen Besar diperkirakan akan masuk di +15 untuk bulan September, di atas perkiraan Reuters untuk +14.

Indeks yang diawasi ketat, yang dapat mempengaruhi pembuatan kebijakan, adalah survei triwulanan terhadap bisnis Jepang.

Analis mencatat bahwa survei tersebut memberikan optimisme yang sangat nyata, yang berjalan positif.

Di antara pembacaan lainnya dalam survei tersebut, Indeks Produsen Kecil untuk bulan Juni masuk pada +7, sesuai dengan ekspektasi dari jajak pendapat Reuters, sementara diperkirakan akan masuk pada +6 untuk bulan September, di atas perkiraan Reuters untuk +2.

Indeks Produsen Non Manufaktur Juni berada di level 23, sejalan dengan ekspektasi.

Produsen besar Jepang memperkirakan dolar akan rata-rata pada 108,31 yen untuk tahun fiskal 2017-18, dibandingkan dengan 108,43 pada survei bulan Maret.

Untuk kuartal pertama, PDB Jepang tumbuh 0,3 persen pada kuartal kedua dan 1,0 persen pada tahunan, lebih lemah dari masing-masing 0,6 persen dan 2,4 persen.

BOJ meningkatkan penilaian ekonominya. Ini meningkatkan perkiraan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) riil untuk tahun fiskal 2017-18 menjadi 1,6 persen dari 1,5 persen yang diproyeksikan pada bulan Januari. Namun hal tersebut menurunkan indeks harga konsumen inti (CPI) tumbuh menjadi 1,4 persen dari 1,5 persen pada periode yang sama.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here