Harga Timah 5 Juli Tertekan Pelemahan Data Jasa dan Bisnis Tiongkok

711

Harga timah di bursa Malaysia turun pada perdagangan Rabu (05/07). Pelemahan harga timah tertekan melemahnya data pertumbuhan jasa dan bisnis Tiongkok.

Indeks layanan PMI Caixin Tiongkok pada hari Rabu (05/07) menunjukkan pertumbuhan melambat pada bulan Juni, karena volume pesanan baru melemah, namun terus menunjukkan kenaikan permintaan.

Indeks Aktivitas Bisnis Juni turun di 51,6, turun dari level tertinggi bulan Mei di 52,8, dengan rilis dari Caixin dan PMI oleh IHS Markit mengatakan bahwa hal itu menunjukkan peningkatan lebih lanjut dalam aktivitas sektor jasa.

Lihat : Pertumbuhan Jasa dan Bisnis Tiongkok Melambat di Bulan Juni

Harga timah di bursa komoditas Malaysia terpantau mengalami pelemahan hari ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 20.150 dollar per ton, turun sebesar 50 dollar atau 0,25 persen dari penutupan sebelumnya pada 20.200.

Pasar akan mencerna data risalah pertemuan The Fed dinihari nanti. Jika risalah The Fed mendukung penguatan ekonomi akan menguatkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya berpotensi melemah terbatas jika penguatan dollar AS terealisir. Harga akan menghadapi level Support di posisi 19.950 dollar dan 19.750 dollar. Akan tetapi jika terjadi kenaikan, harga timah akan menghadapi level Resistance di 20.350 dollar dan 20.550 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here