Pertumbuhan Jasa Juni Inggris Terlemah 4 Bulan

587

Indeks sektor jasa Markit PMI Inggris turun menjadi 53,4 untuk Juni dari 53,8 bulan sebelumnya. Ini masih di bawah ekspektasi konsensus dan pembacaan terlemah sejak Februari.

Terjadi perlambatan laju pertumbuhan bisnis baru ke tingkat yang paling lambat selama sembilan bulan dan optimisme bisnis secara keseluruhan mencatat pembacaan terlemah sejak Juli 2016.

Ada bukti lebih lanjut tentang keprihatinan seputar prospek ekonomi dan politik menyusul hasil Pemilu dan dimulainya perundingan Brexit.

Namun, ada peningkatan signifikan lebih lanjut dalam pekerjaan yang belum selesai dan ada pertumbuhan lapangan kerja terkuat selama 14 bulan dengan laporan peningkatan kekurangan pekerja terampil.

Tekanan ke atas pada biaya input sedikit berkurang, walaupun masih ada kenaikan biaya staf dan harga bahan baku dan tekanan kuat terhadap biaya. Pasar tenaga kerja yang ketat cenderung meningkatkan tekanan ke atas pada upah selama beberapa bulan ke depan.

Dengan tekanan persaingan yang kuat, harga yang dibebankan oleh penyedia layanan meningkat paling lambat sejak Juli 2016.

Baik pembacaan sektor manufaktur dan konstruksi berada di bawah ekspektasi dan, menurut Markit, data tersebut konsisten dengan pertumbuhan PDB sekitar 0,4% untuk kuartal kedua.

Perlambatan tersebut merupakan cerminan dari hilangnya kepercayaan sementara karena ketidakpastian politik dengan rebound cepat selama beberapa bulan ke depan atau apakah ada penurunan dalam proyeksi yang berlanjut.

Bank of England cenderung enggan menaikkan suku bunga tanpa bukti bahwa penurunan tersebut bersifat sementara, walaupun Komite Kebijakan Moneter akan memperhatikan pasar tenaga kerja yang ketat.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here