Pasar Tunggu Data Pasokan Minyak Mentah, Data Gaji Serta KTTG-20

398

Data dari pemerintah Amerika pada hari Kamis ini diperkirakan akan menunjukkan pasokan minyak mentah turun, membantu harga minyak West Texas naik kembali ke $ 46 per barel. Harga saham-saham minyak dan gas di Eropa naik, namun indeks Stoxx Europe 600 turun tipis di tengah merosotnya saham perusahaan perjalanan dan liburan.

Fokus pada hari Kamis ini akan berada di sekitar hasil pertemuan Bank Sentral Eropa terbaru, data pekerjaan pribadi di AS dan informasi dari Fed yang menunjukkan kurangnya konsensus mengenai kapan mengecilkan neraca bank sentral senilai $ 4,5 triliun, dan bagaimana menjalankan strategi di saat inflasi rendah.

Hasil pertemuan ECB mungkin akan memberi petunjuk apakah bank lebih dekat dengan kebijakan pengetatan stimulus atau tidak.
KTT G-20 di Hamburg dimulai pada hari Jumat. Presiden Amerika Serikat Donald Trump diperkirakan akan mengadakan pertemuan pertamanya dengan Vladimir Putin dan juga bertemu dengan rekannya dari Tiongkok, Xi Jinping.

Dan pada hari Jumat besok, pasar juga menunggu data dari Departemen Tenaga Kerja AS yang akan melaporkan angka pekerjaan resmi. Diperkirakan majikan Amerika Serikat menambahkan sekitar 175.000 pekerja baru pada bulan Juni dan pertumbuhan upah mungkin diperkuat, konsisten dengan pasar tenaga kerja yang solid.

Pasar Asia

Topix Jepang turun 0,2 persen dan akan menjadi sesi ketiga berturut-turut di mana mata uang telah naik ke puncak intraday.
Won Korea Selatan merosot 0,6 persen ke level terendah sejak Maret. Sensex India menguat 0,5 persen, bersiap untuk mencapai level penutupan tertinggi.

Saham

Indeks Stoxx Europe 600 turun 0,1 persen pada pukul 9:44 am di London. Kontrak pada indeks S & P 500 turun 0,1 persen setelah indeks tersebut naik 0,2 persen pada Rabu dan indeks Nasdaq 100 melonjak 0,9 persen.

Mata Uang

Indeks Spot Bloomberg Dollar melemah 0,1 persen. Nilai tukar euro bergerak datar di $ 1,1349 dan pound Inggris turun tipis menjadi $ 1,2938.

Obligasi

Imbal hasil pada Treasuries 10 tahun naik dua basis poin menjadi 2,34 persen, setelah jatuh tiga basis poin pada hari Rabu sementara imbal hasil dengan jangka waktu yang sama yaitu 10 tahun di Inggris, Prancis dan Jerman naik dua basis poin.

Komoditi

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate naik 1,6 persen menjadi $ 45,84 per barel. Kontrak tersebut turun 4,1 persen pada Rabu, paling banyak dalam empat minggu, karena Rusia dikatakan menentang proposal apapun untuk menambah kuota dalam pengurangan produksi OPEC.
Harga emas turun 0,2 persen menjadi $ 1,224.28 per ounce, setelah dua hari menguat.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here