Harga Minyak Mentah Sesi Asia Rebound; Peningkatan Produksi Global Masih Menekan

362

Harga minyak mentah pulih pada hari Senin (10/07) setelah penurunan 3 persen pada sesi sebelumnya, namun pasar tetap di bawah tekanan dari aktivitas pengeboran tinggi di Amerika Serikat dan pasokan yang besar dari kelompok produsen OPEC.

Harga minyak mentah berjangka A.S. West Texas Intermediate (WTI) berada di $ 44,61 per barel, naik 38 sen atau 0,86 persen.

Harga minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional untuk harga minyak, berada di $ 47,10 per barel, naik 39 sen atau 0,83 persen.

Pedagang mengatakan kenaikan harga tersebut tercermin dari aksi beli setelah penurunan tajam Jumat, namun menambahkan bahwa kondisi pasar secara keseluruhan masih lemah.

Harga Brent adalah 17 persen di bawah pembukaan 2017 mereka meskipun ada kesepakatan yang dipimpin oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) untuk memangkas produksi mulai Januari.

Bank ANZ mengatakan pada hari Senin bahwa pasar “erus berfokus pada peningkatan aktivitas pengeboran (A.S.) dan produksi yang lebih tinggi. Perusahaan energi A.S. menambahkan tujuh kilang pengeboran minyak pekan lalu, menandai kenaikan 24 minggu dari 25 besar dan membawa jumlah total hingga 763, yang paling banyak sejak April 2015, perusahaan jasa energi Baker Hughes mengatakan pada hari Jumat.

Produksi minyak A.S. telah meningkat lebih dari 10 persen sejak pertengahan 2016 sampai 9,34 juta barel per hari (bpd).

Produksi A.S. yang meningkat datang karena pasokan dari OPEC juga tetap cukup meskipun ada janji oleh kelompok tersebut untuk mengurangi produksi antara Januari tahun ini dan Maret 2018.

OPEC mengekspor 25,92 juta barel per hari (bpd) pada bulan Juni, 450.000 bpd lebih banyak dari pada bulan Mei dan 1,9 juta bpd lebih dari tahun sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi turun dengan kekuatiran yang berlanjut dengan peningkatan produksi minyak mentah AS dan global. Harga minyak mentah diperkirakabn akan bergerak dalam kisaran Support $ 44,10-$ 45,60, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 45,10-$ 45,60.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here