Tingkat Pengangguran Inggris Turun Terendah Sejak 1975

869

Pengangguran Inggris turun dalam tiga bulan hingga Mei ke level terendah lebih dari empat dasawarsa, data menunjukkan pada hari Rabu (12/07), namun upah yang disesuaikan dengan inflasi turun untuk bulan ketiga berturut-turut, menandakan orang Inggris menghadapi tekanan standar hidup meskipun memiliki pasar tenaga kerja yang kuat.

Penurunan upah riil merupakan tanda yang mengkhawatirkan bagi ekonomi Inggris, yang sangat bergantung pada belanja konsumen untuk pertumbuhan. Pertumbuhan ekonomi telah melambat tajam pada kuartal pertama tahun ini karena percepatan inflasi mendorong pembeli Inggris untuk mengendalikan pengeluaran.

Tingkat pengangguran turun menjadi 4,5% pada periode Maret-Mei, terendah sejak 1975, dengan jumlah pekerja menganggur menurun sebesar 64.000, kata Kantor Statistik Nasional, dan jumlah orang yang bekerja mencapai titik tertinggi sepanjang masa.

Upah riil orang Inggris turun 0,5% dalam tiga bulan sampai bulan Mei, data juga menunjukkan, karena harga konsumen tumbuh pada tingkat yang lebih cepat daripada pendapatan. Inflasi mencapai 2,9% di bulan Mei, laju pertumbuhan harga tercepat dalam hampir empat tahun.

Kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi datang saat Inggris memulai perundingan keluar yang rumit dengan Uni Eropa, yang akan diselesaikan pada bulan Maret 2019.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here