BOK Pertahankan Tingkat Suku Bunga, Target PDB Menjadi 2,8 Persen

479

Bank sentral Korea Selatan mempertahankan suku bunga acuannya tidak berubah pada hari Kamis namun meningkatkan perkiraan pertumbuhannya karena ekspor dan stimulus fiskal yang direncanakan menambah optimisme mengenai ekonomi.

Keputusan untuk mempertahankan “seven-day repurchase rate” Bank of Korea di rekor rendah 1,25 persen sudah diprediksi oleh para ekonom. Gubernur Lee Ju-yeol mengatakan produk domestik bruto akan tumbuh 2,8 persen tahun ini, melebihi perkiraan sebelumnya 2,6 persen. Inflasi akan berfluktuasi sekitar 2 persen untuk beberapa waktu dan perkiraan BOK tidak berubah di posisi 1,9 persen.

Gubernur Lee menambahkan bahwa stimulus fiskal yang direncanakan dari pemerintah tidak termasuk dalam perkiraan PDBnya, dan jika diterapkan, hal itu dapat mendorong ekonomi lebih lanjut. Presiden Moon Jae-in sedang mengejar paket senilai 11,2 triliun won ($ 9,8 miliar) sebagai kunci untuk menghasilkan lebih banyak lapangan pekerjaan, namun RUU tersebut belum mendapatkan sambutan yang berarti di parlemen.

Keputusan BOK datang karena banyak bank sentral di seluruh dunia memberi sinyal pergeseran pada kebijakan yang lebih ketat.

Gubernur Lee mengatakan bahwa pada bulan Juni lalu, bank sentral dapat menyesuaikan kebijakannya jika ekonomi membaik, yang oleh para investor ditafsirkan sebagai sinyal bahwa langkah BOK selanjutnya akan lebih agresif. Sebagian besar analis melihat bank sentral tetap bertahan sampai akhir tahun ini, meskipun, karena kekhawatiran bahwa tingkat suku bunga yang lebih tinggi akan menimbulkan risiko pemulihan dan menambah beban pembayaran konsumen pada data hutang rumah tangga.

BOK mengatakan dalam laporan stabilitas keuangan tengah tahunan bahwa sementara kenaikan suku bunga pinjaman secara bertahap tidak akan mengurangi kemampuan konsumen untuk memenuhi pembayaran lebih banyak, kenaikan yang cepat dalam waktu singkat akan menyebabkan peningkatan jumlah rumah tangga yang relatif juga akan meningkatkan risiko.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here