Indeks Shanghai 24 Juli Ditutup Naik Terdukung Saham Keuangan & Konsumen

529
indeks shanghai

Bursa saham Tiongkok bergerak mendekati level tertinggi dalam 18 bulan pada hari Senin (24/07), karena investor institusi meningkatkan pembelian mereka ke dalam industri dengan kenaikan besar, namun saham-saham kecil terus merana karena pendapatan mereka mengecewakan.

Sentimen positif juga dibantu oleh pandangan bahwa Tiongkok dapat mempertahankan tingkat pengeluaran fiskal yang tinggi untuk menghindari risiko perlambatan ekonomi yang tajam di paruh kedua.

Indeks Shanghai ditutup menguat dengan menambahkan 12,51 poin, atau 0,39 persen, pada level 3250,49.

Tiongkok menerbitkan draft peraturan pada hari Jumat untuk mempromosikan pengembangan kemitraan pemerintah dengan swasta dalam investasi infrastruktur.

Belanja infrastruktur pemerintah yang kuat merupakan kontributor utama bagi pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat dari perkiraan di dua kuartal pertama, meskipun para analis memperkirakan beberapa kehilangan momentum pada paruh kedua tahun ini karena dampat dari langkah-langkah stimulus sebelumnya mulai mereda.

Dana Moneter Internasional mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya memperkirakan pertumbuhan ekonomi Tiongkok pada 2017 mencapai 6,7 persen, naik 0,1 persen dari perkiraan bulan April.

Saham finansial dan konsumen memimpin kenaikan, setelah laporan kuartal kedua oleh reksa dana menunjukkan investor institusi terus mengakumulasi blue-chips dengan pendapatan stabil.

Industri kelas berat termasuk Ping An Insurance Group of China, Gree Electric Appliances, China Pacific Group Insurance dan China Merchants Bank merupakan salah satu favorit pengelola dana pada kuartal kedua.

Namun, indeks ChiNex untuk para start-up terpantau melambat, menyusul penurunan hampir -5,0 persen pekan lalu.

Gao Ting, kepala strategi Tiongkok di UBS Securities, memperkirakan pertumbuhan pendapatan kuartal kedua ChiNext akan berkisar dari penurunan sebesar -23,0 persen menjadi pertumbuhan 5 persen, berdasarkan pengumuman awal mereka, yang merupakan penurunan tajam dari pertumbuhan rata-rata 26,2 persen, di kuartal pertama.

Malam nanti akan dirilis data penjualan rumah A.S. untuk bulan Juni. Pada bulan sebelumnya terjadi kenaikan sebesar 1,1 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Shanghai akan bergerak positif jika bursa saham A.S. membukukan kenaikan pada sesi penutupan.

Evi/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here