Setelah Melonjak 1% oleh Tensi di Korea Emas Stabil; Harga Lokal Naik ke Rp560 Ribuan

397

(Vibiznews – Commodity) – Harga spot emas dunia terpantau stabil pada hari Selasa ini (26/9) setelah naik lebih dari satu persen di sesi sebelumnya, terdongkrak oleh bertambahnya permintaan aset safe-haven di tengah naiknya tensi seputar Korea Utara serta sehubungan dengan tertahannya dollar dari posisi tiga minggu tertingginya.

Spot emas pada siang ini WIB terlihat stabil di sekitar level $1,310.80 per ounce-nya, tidak jauh dari posisi puncak Senin kemarin di $1,311.50, yang mencetak gain harian terbesar sejak 7 September yang lalu.

Analis pasar ada yang menyebutkan bahwa aksi jual di bursa saham dan naiknya potensi risiko pasar telah menjadi pemicu kenaikan harga emas.

Menlu Korea Utara mengatakan Senin kemarin bahwa tweet akhir pekan dari Presiden Donald Trump dianggap sebagai pernyataan perang terhadap Korea Utara dan karenanya Pyongyang berhak untuk melakukan tindakan balasan, termasuk untuk menembak jatuh pesawat pengebom AS sekalipun mereka tidak terbang di atas wilayah Korut.

Sementara itu, bursa saham di Asia pada hari ini umumnya tergelincir dengan dollar melepas gain-nya terhadap yen Jepang oleh kenaikan tensi di Semenanjung Korea. Investor juga sedang menantikan pidato pimpinan the Fed Janet Yellen yang mungkin akan menyinggung hal inflasi, ketidakpastian dan kebijakan moneter.

Harga saham di bursa Hong Kong dan daratan China terlihat melorot, dipimpin sektor property setelah ada aturan-aturan perumahan baru dari Pemerintah China untuk menekan pasar yang dikuatirkan kepanasan (overheated).

Analis teknikal dari Reuters memperkirakan spot emas akan menguji level support di level $1,252 dalam tiga bulan ke depan. Bila tembus juga maka support lebih rendah ada di level $1,174.

Di tempat lain, harga emas spot dalam rupiah terlihat hari Selasa ini (26/9) menanjak ke Rp562,641 per gramnya, di mana pada minggu lalu masih bertengger di harga Rp555 ribuan.

Analis Vibiznews, sementara itu, melihat bahwa support terdekat ada di level $1289 dan kemudian $1274. Namun demikian, bila tensi geopolitik Korea Utara meningkat tajam karena –misalnya- terjadi kontak perang fisik, maka dengan mudah emas akan melejit ke level $1334 dan kemudian ke $1357.

 

Analis: J. John

Editor: J. John

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here