Teknologi Mobil Listrik Secara Tak Terduga Dorong Harga Palladium Dan Platinum

446

(Vibiznews – Commodity) – Palladium dan saudaranya platinum mencapai paritas harga pada hari Rabu untuk pertama kalinya sejak 2001, karena ekspektasi permintaan untuk kedua aset tersebut meningkat.

Keduanya terutama dikonsumsi oleh pembuat mobil untuk pembuatan catalytic converter, namun platinum lebih banyak digunakan pada kendaraan diesel yang permintaannya anjlok sejak skandal kecurangan emisi Volkswagen tahun 2015.

Palladium, sebaliknya, mendapat manfaat dari beralihnya mobil ke mesin bensin dan ekspektasi untuk pertumbuhan kendaraan listrik hibrida, yang cenderung juga bertenaga bensin.

“Semua berita yang kami dengar tentang elektrifikasi kendaraan bagus untuk sentimen terhadap paladium, karena ini berarti lebih banyak kendaraan hibrida bensin,” kata analis Mitsubishi Jonathan Butler.

Spot paladium berada di $ 919,50 per ounce di 13:42 GMT, naik 0,6 persen, sementara platinum turun 0,3 persen pada $ 917,49 per ounce. Harga paladium telah meningkat 35 persen tahun ini, melawan kenaikan platinum 2 persen.

Selasti Panjaitan/VMN/VBN/Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here