Bursa Eropa Berakhir Naik; Data Inflasi Zona Eropa Dicermati

323

Pasar saham di Eropa berakhir lebih tinggi Kamis malam (28/09) karena investor mencerna komentar dari pembuat kebijakan ECB (Bank Sentral Eropa), laporan pendapatan baru dan optimisme mengenai reformasi pajak di A.S.

Indeks Pan-European Stoxx 600 ditutup naik 0,51 persen, dengan sebagian besar sektor berakhir di wilayah positif, meskipun saham otomotif melihat beberapa penurunan tajam menjelang penutupan.

Selama sesi tersebut, Kepala Ekonom Bank Sentral Eropa Peter Praet mengatakan pada sebuah konferensi di Berlin bahwa ECB tidak akan membahas jalan keluar dari stimulus namun merupakan rekalibrasi ulang kebijakan. Dengan demikian berpotensi meningkatkan kemungkinan bank sentral memperpanjang kebijakan moneter ultra-mudahnya.

Dalam saham individual, peritel Swedia H & M melihat sahamnya turun lebih dari 5 persen ke dasar benchmark Eropa setelah penurunan 20 persen laba sebelum pajak kuartalan dari tahun lalu. Ryanair juga turun lebih dari 2 persen setelah mengumumkan pembatalan penerbangan lebih lanjut.

Dalam berita perusahaan lainnya, Spotify dilaporkan dinilai $ 16 miliar oleh pedagang swasta, yang dapat meningkatkan peluang flotasi pada 2018, Reuters melaporkan.

Negosiator Brexit mengatakan pada hari Kamis bahwa telah terjadi beberapa kemajuan di babak terakhir, yang berakhir lebih awal pada hari itu, namun mereka masih belum dalam posisi untuk membahas pengaturan perdagangan.

Sementara itu, Gubernur Mark Carney dari Bank of England juga mengatakan Kamis pagi bahwa kemampuan bank sentral untuk mengurangi dampak Brexit terbatas.

Sore nanti akan dirilis data inflasi zona Eropa bulan September yang diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan bergerak positif jika data inflasi zona Eropa terealisir meningkat.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here