Bursa Asia Menguat Mencetak Rekor Baru, Minyak Naik, IHSG Turut Terangkat

531
indeks hang seng

(Vibizbews – Index) – Bursa saham kawasan Asia terpantau naik mencetak level tertinggi barunya pada perdagangan hari Senin ini mengikuti penguatan bursa Wall Street, sementara itu harga minyak terlihat melonjak mendekati level enam bulan puncaknya karena meningkatnya ketegangan antara pemerintah Irak dan pasukan Kurdi yang dapat mengancam pasokan minyak bumi.

Pasukan Irak mulai bergerak pada tengah malam pada hari Minggu menuju ladang minyak yang dijaga pejuang Peshmerga Kurdi di dekat kota kaya minyak Kirkuk, demikian dilansir dari Reuters (16/10).

Sebagai reaksi pasarnya, harga minyak mentah AS CLc1 naik 0,9 persen menjadi $51,92 per barel, tidak jauh dari $ 52,85 yang tersentuh akhir bulan lalu. Minyak Brent crude LCOc1 naik 1,2 persen menjadi $57,88 per barel.

Di bursa, Indeks MSCI, saham Asia-Pasifik terbesar di luar Jepang, menguat 0,3 persen untuk hari kelimanya, setelah saham di bursa AS kembali cetak rekor tertinggi.

Saham Australia memperpanjang kemenangan beruntun secara berturut-turut naik 0,6 persen, sementara Nikkei Jepang rally di hari keenamnya, mencapai level tertinggi sejak November 1996.

Sementara IHSG pada sesi pagi WIB ini terbawa sentimen positif dan terpantau di level 5.943,55 mendekati level intraday tertinggi yang pernah dicapai pada 5.967.

Data ekonomi China akan menjadi fokus perhatian pasar Asia pasifik minggu ini khususnya untuk data inflasi dan pertumbuhan ekonomi kuartal ketiga di China.

Para pejabat bank sentral di seluruh dunia saat ini sedang memerhatikan laju kenaikan inflasi sementara mereka mengkaji kembali beberapa program stimulus karena pertumbuhan global sedang mengumpulkan momentumnya.

Sementara itu, data konsisten pada Indeks Harga Konsumen Inti di AS berlanjut, dengan laju inflasi lamban 0,2 persen untuk bulan Agustus yang dirilis Jumat kemarin.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang mata uang, umumnya stabil di 93.17 Senin pagi ini.

Analis Vibiznews melihat IHSG akan terbawa sentimen dari bursa kawasan, sehingga kemungkinannya dalam minggu ini indeks akan menyentuh lagi rekor intraday di 5967. Bila tembus, kita akan melihat indeks yang bergerak mendekati level 6000.

Analis: J. John
Editor: J. John

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here