Euro Tergerus oleh Situasi Politik di Austria dan Spanyol

647

(Vibiznews – Forex) – Mata uang euro pada posisi tergerus dalam perdagangan Senin setelah pemilu Austria dan kekhawatiran akan konfrontasi Catalonia dengan Madrid, meskipun dollar juga kurang memiliki momentum setelah data inflasi AS yang lambat (16/10).

Euro turun sebanyak 0,3 persen pada perdagangan Senin siang WIB ini di $1,1791, tergelincir dari 2,5 mingguan tertingginya di $1,1880 pada Kamis yang lalu.

Bintang konservatif muda Austria Sebastian Kurz berada di jalur untuk menjadi pemimpin berikutnya setelah pemilihan umum pada hari Minggu. Dia kemungkinan akan mencari koalisi dengan partai kanan jauh yang bangkit kembali karena partainya yang masih jauh dari mayoritas.

Investor juga mengawasi Spanyol, di mana pemimpin Catalan Carles Puigdemont memiliki waktu sampai pukul 10:00 pagi waktu setempat (0800 GMT) pada hari Senin untuk mengklarifikasi apakah dia meminta kemerdekaan wilayah tersebut.

Perdana Menteri Mariano Rajoy telah memberinya batas waktu Senin untuk mengklarifikasi posisinya – dan sampai Kamis untuk mengubah pikirannya jika dia bersikeras untuk berpisah – dan mengatakan bahwa Madrid akan membatalkan otonomi Catalonia jika memilih kemerdekaan, demikian dilansir dari Reuters (16/10).

Namun demikian, penurunan mata uang bersama ini akan terbatas karena investor mengharapkan Bank Sentral Eropa akan mengungkapkan rencana di akhir bulan ini untuk memulai skema pembelian obligasi.

Sementara itu, investor juga kurang excited dengan pergerakan dollar, setelah data indeks harga konsumen AS pada hari Jumat menunjukkan tingkat inflasi yang rendah.

Indeks dolar sedikit naik ke 93,19, kekurangan momentum setelah mencatat penurunan mingguan pertamanya pekan lalu, didorong oleh ekspektasi kenaikan suku bunga Fed pada bulan Desember dan harapan pemotongan pajak oleh Presiden AS Donald Trump.

Analis Vibiznews melihat euro masih bisa tergerus menuju level support di 1,1718 jika tidak ada tekanan tambahan baru ke dollar AS.

 

Analis: J. John
Editor: J. John

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here