Rupiah Melemah Lagi oleh Penguatan Lanjutan Dollar AS

354

(Vibiznews – Forex) – Dalam pergerakan pasar uang Senin siang ini, nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) terpantau kembali melemah oleh penguatan dollar dalam pasar uang global. Rupiah terhadap dollar AS siang hari WIB berada di posisi Rp 13.530, sesuai prediksi sebelumnya, melemah dibandingkan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu di Rp 13.515 (23/10).

Analis Vibiznews melihat untuk hari ini perdagangan terlihat relatif tenang dalam rentang harga terbatas, di mana posisi tertinggi dollar AS sempat tercatat di Rp 13.538 dan terendahnya di 13.515. Pasar tenang moderat sementara dana asing ada yang masuk ke pasar uang.

Indeks US Dollar yang mengukur dollar terhadap sekeranjang mata uang utama global, terpantau siang ini WIB menguat terbatas di level 93,77, naik dibandingkan penutupan pasar Jumat akhir minggu di 93,40. Sementara itu, dollar melonjak lebih dari tiga bulan tertingginya terhadap yen menyusul poling pemilihan di Jepang pada hari Minggu yang dimenangkan PM Abe.

Dollar AS diprediksi masih berada di range Rp 13.500-13.540 dengan kecederungan penguatan dollar secara global terhadap sejumlah mata uang utama. Resistance lebih tinggi terdapat di level Rp 13.585.

Dalam pandangan analisis Vibiznews, rupiah sedang dalam bias tekanan penguatan dollar mengarah ke posisi terdekat di Rp 13.540. Sementara ini, rupiah nampaknya belum bisa beranjak dari bertengger di atas Rp 13.500’an.

 

Analis: J. John

Editor: J. John

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here