Pound Melejit oleh Pertumbuhan GDP Inggris yang Melampaui Ekspektasi

461

(Vibiznews – Forex) – Mata uang pound Inggris melejit naik lebih dari setengah persen terhadap dolar pada hari Rabu malam WIB, awal sesi perdagangan Amerika, setelah rilis data yang menunjukkan kecepatan pertumbuhan ekonomi Inggris yang meningkat, membangkitkan harapan bahwa Bank of England akan menaikkan suku bunganya minggu depan (25/10).

Pertumbuhan GDP triwulanan naik 0,4 persen pada kuartal ketiga dari 0,3 persen pada triwulan yang kedua, melampaui ekspektasi pertumbuhan 0,3 persen, demikian dilansir dari Reuters (25/10).

Pound terpantau naik setinggi $1,3260 dari angka $1,3124 di sesi sebelumnya, atau naik setengah persen hari ini.

“Data tersebut kemungkinan dapat memberi dukungan kepada pajabat di BoE yang berpendapat bahwa kenaikan suku bunga itu sudah sesuai pada pertemuan 2 November,” kata analis mata uang BN-Paribas.

BoE secara luas diperkirakan akan mengembalikan suku bunga menjadi 0,50 persen dari 0,25 persen dalam pertemuan kebijakannya minggu depan. Hal itu merupakan kenaikan pertama biaya dana dalam lebih dari satu dekade terakhir, meskipun ada keraguan apakah ini akan menjadi awal dari siklus pengetatan moneter yang berlanjut.

Analis Vibiznews melihat penguatan di pasar yang cukup kuat hari ini dalam pasar yang ramai transaksi. Resistance terdekat ada di level $1,3310 dan kemudian di $1,3337.

Source: Reuters
Analis: J. John

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here