Gubernur Fed Jerome Powell Calon Favorit Ketua The Fed

399

(Vibiznews – Index) – Saham Asia naik pada hari Senin dan minyak mentah naik ke level tertinggi 2 tahun, sementara euro bergerak naik turun di sekitar level terendah 3 bulan karena keputusan Bank Sentral Eropa untuk memperpanjang stimulusnya menggemukkan keuntungan imbal hasil dolar.

Indeks MSCI terbesar di Asia Pasifik naik 0,2 persen dan indeks ini telah naik 3,4 persen sejauh bulan ini.

Nikkei Jepang. N225 menyumbang 0,2 persen lebih tinggi, sementara saham Seoul .KS11 naik 0,7 persen.

Pasar saham global telah mengalami tren kenaikan sejak awal tahun ini, dibantu oleh pendapatan perusahaan yang solid dan data ekonomi positif di negara-negara besar.

Indeks saham dunia telah melonjak 17,6 persen sejauh 2017.

Seperti diketahui bursa AS untuk penutupan hari Jumat, Nasdaq menambahkan 2,2 persen, S & P 500 naik 0,81 persen dan Dow naik 0,14 persen.

Amazon (AMZN.O), naik 13,2 persen, menjadi pendorong terbesar atas kenaikan terbesar ke S & P 500 setelah melaporkan lonjakan penjualan kuartalan.

Emiten raksasa Apple Apple Inc (AAPL.O) dijadwalkan melaporkan kinerja keuangannya pada hari Kamis.

Indeks dolar bergerak datar setelah dua hari berturut-turut bergerak naik didorong data GDP A.S. kuartal keempat yang optimis. Perekonomian A.S. tumbuh pada tingkat tahunan 3,0 persen dari bulan Juli sampai September, menunjukkan ketahanan yang baik setelah serangan badai baru-baru ini.

Investor sekarang fokus pada penunjukan kursi Federal Reserve yang akan datang, dengan spekulasi bahwa Gubernur Fed Jerome Powell adalah pelamar yang disukai.

Mengatakan bahwa Powell, yang pasar lihat sebagai kandidat yang kurang hawkish, akan menjadi orang pilihan yang memperjuangkan kemajuan dolar dan menyeret imbal hasil Treasury 2 tahun dari posisi tertinggi US $ 2TY = RR. Pengumuman calon-calon pengganti ketua Fed yang baru diharapkan akan keluar pada minggu ini.

Di Eropa, ketidakpastian politik dan ECB membebani mata uang bersama, menandai kerugian mingguan terbesar tahun ini.

Euro EUR = stabil di $ 1.1602, tidak jauh dari $ 1.1573 yang merupakan yang terendah sejak 20 Juli.

Spanyol memecat pemerintah daerah Catalonia pada hari Jumat, membubarkan parlemen Catalan dan menyerukan pemilihan cepat setelah Catalonia mengumumkan kemerdekaan dari Spanyol.

Keputusan ECB minggu lalu untuk memperpanjang pembelian obligasi hingga September 2018 juga melukai euro, mendorong imbal hasil pada obligasi Jerman dua tahun lebih rendah DE2YT = RR.

Premi bahwa hutang UE 2 tahun membayar imbal hasil 2 tahun di Jerman sekarang paling luas sejak pertengahan 1999, membuatnya lebih menarik untuk dipinjam dalam euro untuk membeli dolar.

Di komoditas, minyak mentah Brent LCOc1 naik menjadi $ 60,63 per barel, tertinggi sejak Juli 2015, setelah Arab Saudi setuju untuk mendukung perpanjangan kesepakatan pemotongan produksi minyak global.

Harga minyak mentah A.S. naik 0,32 persen pada $ 54,07 per barel.

Spot gold XAU = diperdagangkan 0,1 persen lebih rendah pada $ 1271.20 per ounce.

Selasti Panjaitan/VMN/VBN/Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here