Bursa AS Kembali Ditutup dalam Rekor, Didongkrak Banyak Berita “Dealmaking”

580

(Vibiznews – Index) – Bursa saham AS kembali mencapai rekor tertingginya pada hari Senin (Selasa subuh WIB) karena sentimen di Wall Street terdongkrak oleh berita tentang sejumlah kesepakatan (dealmaking) korporasi (7/11).

Dow Jones industrial average naik 9,23 poin menjadi 23,548.42, rekor tertinggi barunya sepanjang masa. Nasdaq composit juga ditutup pada level tertinggi sepanjang masa, naik 0,3 persen menjadi 6.786,44. S&P500 berhasil mencapai rekor tertingginya, di level 2.591,13, atau naik 0,13 persen.

Broadcom dikabarkan menawar untuk membeli saham sesama pembuat chip Qualcomm seharga $103 miliar. Jika tuntas, kesepakatan itu akan menjadi yang terbesar dalam sejarah pada sektor teknologi. Laporan potensi penawaran tersebut muncul pertama kalinya pada hari Jumat, demikian dilansir dari CNBC (7/11).

Saham Advanced Micro Devices juga melonjak pada berita tentang dealmaking, sementara saham Disney dan 21st Century Fox juga menguat.

Qualcomm naik 1 persen sementara Broadcom naik 1,4 persen. Kenaikan Qualcomm membantu VanEck Vectors Semi ETF (SMH) mencapai rekor intraday tertingginya.

“Dalam jangka pendek, hal ini positif. Pengambilalihan oleh Broadcom akan membuat beberapa saham keluar dari pasar,” kata chief investment strategist di Baird. “Selain itu, tawaran seperti itu menunjukkan Broadcom merasa cukup percaya diri tentang masa depannya,” seperti yang dikutip CNBC.

Kesepakatan yang diajukan muncul setelah Presiden Donald Trump mengatakan pekan lalu bahwa Broadcom akan memindahkan kantor pusatnya ke AS dari Singapura. Namun, Qualcomm diperkirakan akan menolak tawaran tersebut.

Saham Advanced Micro Devices melonjak 7,3 persen oleh laporan bahwa perusahaan akan bekerjasama dengan Intel untuk bersaing dengan Nvidia di pasar chip game laptop. Intel naik 1,4 persen, sementara saham Nvidia naik 0,4 persen.

Dalam berita dealmaking lainnya, 21st Century Fox telah mengadakan pembicaraan untuk menjual sebagian besar perusahaan ke Disney, kata sumber kepada CNBC. Kabar tersebut mengirim saham Fox terbang 9,93 persen lebih tinggi; Saham Disney juga naik 2 persen.

Pekan lalu, Dow Jones industrial average, S&P 500 and Nasdaq composite semuanya ditutup pada rekor tertinggi, didorong oleh laporan awal potensi kesepakatan Broadcom-Qualcomm serta pendapatan Apple yang kuat.

Secara keseluruhan, hari-hari ini merupakan musim pendapatan yang sangat padat. Analis di Credit Suisse mengatakan dalam sebuah catatan bahwa rilis pendapatan (earnings) secara umum telah melewati angka estimasi 6,1 persen, dengan 70 persen perusahaan di S&P 500 melampaui perkiraan bottom-line-nya.

 

Source: CNBC

Editor: J. John

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here