DBS, Perusahaan dengan Valuasi Tertinggi di Asia Tenggara, Menggeser Singtel

683

(Vibiznews – Business) – Menuai hasil dari investasi besar di teknologi, DBS Group Holdings Ltd dilaporkan Bloomberg telah menggeser Singapore Telecommunications Ltd. untuk menjadi perusahaan terbesar di Asia Tenggara dalam kapitalisasi pasar (24/11).

Dengan mengadopsi strategi “digital to the core“, bank terbesar di Asia Tenggara ini telah memberi sinyal bahwa mereka akan fokus pada nasabah yang telah menghasilkan return on equity yang tinggi secara konsisten.

Bank ini disebut memiliki kapitalisasi pasar sebesar S$62.97 miliar atau $46,8 miliar (~Rp 636,4 triliun) pada penutupan pasar hari Kamis, dibandingkan dengan Singtel’s senilai S$60,42 miliar. Perusahaan telekomunikasi tersebut diperkirakan bakal menghadapi persaingan yang lebih ketat dari pendatang mobile phone Singapore TPG Telecom Ltd, demikian dikutip dari Bloomberg (24/11).

Saham-saham teknologi, dari Apple Inc. sampai Alibaba Group Holding Ltd., tampil menjadi tujuh perusahaan terbesar di dunia berdasarkan nilai pasar di tengah membaiknya outlook industri ini di mata investor.

“Beberapa optimisme ini mungkin mencerminkan apa yang sedang terjadi dengan perusahaan teknologi,” kata Diksha Gera, analis Bloomberg Intelligence di Singapura. “DBS merupakan salah satu bank yang jarang di kawasan ini yang siap menghadapi tantangan transformasi teknologi yang ekstensif.”

Chief Executive Officer DBS Piyush Gupta menyampaikan strategi digitalnya kepada investor dan analis minggu lalu, menjelaskan usahanya untuk menurunkan biaya dan meningkatkan pendapatan. Saham bank ini telah rally 42 persen tahun ini, dua kali dari kenaikan Indeks Perbankan Asia Pasifik Bloomberg.

 

Source: Bloomberg

Editor: J. John

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here