Harga Emas Tertekan Penguatan Wall Street; Emas Bulan November Masih Positif

386

(Vibiznews – Commodity) Harga Emas turun 1 persen pada akhir perdagangan Jumat dinihari (01/12) terpicu kenaikan bursa Wall Street dan sentimen optimis pertumbuhan ekonomi A.S., yang mengurangi daya tarik aset safe haven.

Perak turun ke level terendah delapan minggu, jatuh bersamaan dengan logam industri lainnya, kata para pedagang.

Dolar A.S., di mana harga emas dihargai, menguat setelah data pengangguran dan pengeluaran konsumen A.S., mendapat dukungan dari kenaikan Rabu pada pertumbuhan ekonomi A.S. kuartal ketiga.

Harga emas spot LLG turun 0,67 persen pada $ 1,274.84 per ons pada pukul 3:30 sore. ET, setelah sebelumnya mencapai titik terendah sejak 14 November di $ 1,270.11.

Harga emas naik 0,3 persen bulan ini, meski telah terjebak antara $ 1.265 dan $ 1.300 sepanjang November.

Harga emas berjangka A.S. berakhir turun $ 8,90, atau 0,7 persen, pada $ 1,273.20 per ons, menutup bulan naik 0,2 persen.

Harga emas tenggelam lebih jauh setelah Senator John McCain mengumumkan bahwa dia akan mendukung undang-undang reformasi pajak Senat pada hari Kamis.

Perak turun menjadi $ 16,43 per ons, terendah sejak 6 Oktober dan terakhir turun 0,6 persen pada $ 16,41, menuju penurunan 1,7 persen selama bulan lalu.

Pasar Saham global berada pada jalur untuk menyelesaikan November dengan kenaikan bulanan ke-13 berturut-turut, meskipun penurunan di saham teknologi A.S..

Di awal sesi, dolar A.S. yang lebih kuat membebani emas, namun dolar AS berbalik karena investor menambahkan taruhan bahwa bank sentral A.S. akan terus melepas rangsangan stimulusnya, membantu emas untuk bergerak dari posisi terendahnya.

Pertumbuhan ekonomi A.S. akan menjamin kenaikan suku bunga lanjutan di tengah pemulihan global yang menguat, Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen mengatakan pada hari Rabu.

Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga A.S., yang meningkatkan biaya peluang untuk menahan emas yang tidak menghasilkan.

Palladium turun 0,44 persen menjadi $ 1.009, namun menuju kenaikan bulanan 3 persen. Platinum naik 0,42 persen pada $ 940,40 per ons, juga bersiap untuk kenaikan 3 persen untuk bulan tersebut.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas selanjutnya berpotensi naik dengan ditundanya pemungutan suara untuk persetujuan undang-undang reformasi pajak AS. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,275-$ 1,277, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,273-$ 1,271.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here