Dolar AS Menguat, Namun Dikalahkan Euro

523

(Vibiznews – Forex) Dolar AS menguat terhadap sebagian besar mata uang pada akhir perdagangan Rabu dinihari (20/12), terdukung data perumahan A.S. yang optimis, namun keuntungan dibatasi oleh keraguan tentang dampak keseluruhan rencana perombakan pajak A.S. terhadap ekonomi AS.

Dewan Perwakilan Rakyat yang dikendalikan oleh Partai Republik menyetujui undang-undang perpajakan yang disahkan pada hari Selasa, mengirimkan undang-undang ke Senat, di mana anggota parlemen akan memutuskannya nanti malam.

Dolar AS memangkas kenaikan terhadap yen dan menahan kerugian terhadap euro setelah DPR menyetujui RUU tersebut.

Pedagang percaya sebagian besar dampak positif dari pemotongan pajak perusahaan telah dihargai, sementara harapan perombakan tersebut akan memicu gelombang dolar yang dipulangkan terlalu banyak.

Rencana pajak, yang dirancang untuk memberi kesempatan kepada perusahaan multinasional A.S. akan memulangkan kira-kira $ 2,6 triliun keuntungan yang sebelumnya merupakan akumulasi pendapatan.

Dolar AS sebelumnya menguat setelah data menunjukkan konstruksi rumah dalam negeri secara tak terduga naik ke puncak 13 bulan di bulan November dengan pembangunan rumah keluarga tunggal mencapai ketinggian 10 tahun.

Pada akhir perdagangan, dolar naik 0,28 persen terhadap yen menjadi 112,85 yen.

Namun sedikit berubah terhadap franc Swiss, tapi lebih tinggi versus sterling dan juga dolar Australia, Kanada, dan Selandia Baru.

Terhadap euro, dolar melemah. Euro terakhir di $ 1,1841, naik 0,51 persen, mendapat keuntungan dari kenaikan risiko secara keseluruhan dengan hasil Treasury A.S. menguat pada hari ini.

Mata uang bersama Eropa telah menguat lebih dari 12 persen terhadap dolar sepanjang tahun ini dan berada di jalur untuk mencatat kinerja tahunan terkuatnya sejak 2004.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks dolar AS akan bergerak positif undang-undang pajak lolos di Senat AS.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here