Program Economic Leadership for Regional Government Leader Membangun Kualitas Pimpinan Daerah

203

(Vibiznews – Economy & Business ) – Bank Indonesia menggelar Program Economic Leadership for Regional Government Leader Angkatan III yang dimulai tanggal (17/1) di Jakarta. Kegiatan yang akan berlangsung selama 3 (tiga) hari tersebut dibuka oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dan diikuti oleh 35 unsur pimpinan daerah yang terdiri dari Bupati, Walikota, Ketua DPRD serta Kapolres. Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi yang baik dari Bank Indonesia, dan beberapa lembaga yaitu Lembaga Ketahanan Nasional (LEMHANAS), Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI), Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI), dan POLRI untuk mewujudkan pembangunan SDM Nasional dan kepemimpinan yang berkualitas.

Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, Indonesia menghadapi tantangan baru akibat konstelasi ekonomi global dan percepatan perubahan yang pesat, yang dipicu perkembangan eksponensial teknologi. Digitalisasi, mobilitas dan keterhubungan telah menciptakan platform-platform yang tidak melihat wilayah dan batas-batas regional.

Untuk menjawab tantangan dan merespon hal tersebut, pengembangan SDM yang berkualitas dalam kepemimpinan ekonomi nasional dan regional menjadi jawaban yang tepat,

Bank Indonesia memandang penting untuk membantu, mendukung serta mensukseskan Kepala Pemerintahan Kabupaten, Kota, Kepala DPRD Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia yang kompeten dalam melakukan reformasi struktural dan mempercepat pembangunan ekonomi regional. Salah satu strateginya adalah melalui pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dalam kepemimpinan ekonomi daerah dan nasional. Para pemimpin tersebut diharapkan dapat menciptakan terobosan-terobosan dan menjadi Pembaharu Ekonomi Regional Indonesia, demikian disampaikan Perry Warjiyo dalam sambutan pembukaan acara dimaksud.

Program Economic Leadership for Government Leader yang diselenggarakan Bank Indonesia melalui Bank Indonesia Institute merupakan program pembekalan dan pengembangan kepemimpinan melalui kurikulum yang inovatif dan bersifat transformatif.Program ini diharapkan dapat mendukung lahirnya pemimpin yang berkualitas, tidak hanya mahir dalam kompetensinya sebagai pemimpin profesional, namun juga memiliki integritas serta kepemimpinan yang luhur. ​

 

Sumber: Bank Indonesia

Belinda/VMN/VBN/Senior Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here