Housing Starts Desember AS Turun Melebihi Perkiraan

390

(Vibiznews – Economy) Pembangunan kembali rumah A.S. turun lebih dari yang diperkirakan pada bulan Desember, mencatat penurunan terbesar dalam waktu lebih dari satu tahun, di tengah penurunan tajam dalam pembangunan unit keluarga tunggal setelah kenaikan dua bulan yang lumayan, demikian laporan Kamis (18/01).

Pembangunan awal perumahan turun 8,2 persen ke tingkat tahunan disesuaikan musiman 1,192 juta unit, Departemen Perdagangan mengatakan. Kecepatan penjualan November direvisi naik menjadi 1,299 juta unit dari 1.297 juta unit yang dilaporkan sebelumnya.

Persentase penurunan untuk perumahan dimulai pada bulan Desember adalah yang terbesar sejak November 2016. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan bahwa perumahan akan mulai turun ke level 1.275 juta unit bulan lalu.

Pasar keuangan A.S. sedikit tergerak oleh data.

Pembangunan rumah meningkat 2,4 persen menjadi 1,202 juta unit pada tahun 2017, tingkat tertinggi sejak 2007. Moderasi pembangunan rumah pada bulan Desember kemungkinan bersifat sementara di tengah kuatnya permintaan perumahan yang didorong oleh pasar tenaga kerja yang kuat.

Namun Pembangun terus berjuang dengan kekurangan tenaga kerja dan lahan serta kayu yang lebih mahal. Sebuah survei pada hari Rabu menunjukkan kepercayaan di kalangan homebuilder tergelincir dari ketinggian 18 tahun di bulan Januari. Pembangun diharapkan menuangkan lalu lintas dan penjualan pembeli selama enam bulan ke depan.

Bulan lalu, homebuilding keluarga tunggal, yang merupakan bagian terbesar dari pasar perumahan, turun 11,8 persen menjadi 836.000 unit karena konstruksi turun di Selatan, Timur Laut dan Timur Tengah. Pembangunan rumah tidak berubah di Barat.

Pembangunan awal untuk segmen perumahan multi keluarga yang volatile naik 1,4 persen menjadi 356.000 unit.

Sementara izin bangunan turun tipis 0,1 persen ke tingkat 1,302 juta unit pada bulan Desember, mereka memulai dengan lebih awal. Itu menunjukkan homebuilding akan rebound dalam beberapa bulan mendatang.

Izin bangunan meningkat 4,7 persen menjadi 1,263 juta unit pada 2017, juga merupakan level tertinggi sejak 2007.

Izin rumah keluarga tunggal naik 1,8 persen pada Desember, sementara izin untuk pembangunan rumah multi-keluarga turun 3,9 persen.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here