Bursa Asia Sebagian Besar Positif; Bursa Australia Turun Tipis

443

(Vibiznews – Index) Sebagian besar indeks utama di Asia ditutup dengan kenaikan pada hari Jumat (19/01) meskipun bursa Australia berakhir lebih rendah.

Indeks Jepang Nikkei 225 naik 0,19 persen atau 44,69 poin, ditutup pada 23.808,06. Sektor Keuangan ditutup menguat pada hari ini, dengan Sumitomo Mitsui Financial Group naik 1,44 persen pada akhir sesi.

Saham Toyota naik 0,53 persen dan Honda naik 0,65 persen menjelang akhir hari. Di antara saham teknologi, Nintendo menyelesaikan sesi 4,23 persen lebih tinggi, memperpanjang keuntungan menyusul peluncuran aksesoris Nintendo Switch terbarunya.

Indeks Kospi naik 0,18 persen menjadi 2.520,26. Mobil berada di wilayah positif, dengan Hyundai Motor melonjak 4,52 persen pada akhir sesi. Namun sektor Teknologi sebagian besar lebih rendah. Index kelas berat Samsung Electronics terhapus kenaikan awal hingga turun 1,16 persen sementara saingannya SK Hynix turun 2,53 persen.

Indeks S & P / ASX 200 turun tipis 0,15 persen untuk mengakhiri sesi pada 6.005,8. Saham pertambangan dan energi utama turun, dengan Rio Tinto kehilangan 1,04 persen, BHP turun 0,29 persen dan Santos turun 1,34 persen pada akhir hari.

Indeks Hang Seng Hong Kong menguat tipis pada pukul 3:25 sore. HK / SIN, diperdagangkan lebih tinggi hanya 0,02 persen, setelah mencatat rekor ketiga berturut-turut di sesi terakhir. Pengembang properti mencatat kenaikan, dengan Country Garden naik 3,27 persen, sementara saham keuangan sebagian besar berada di wilayah negatif.

Saham Tencent, sebuah konstituen tertimbang berat pada indeks, lebih tinggi 0,54 persen menjelang penutupan pasar.

Indeks Shanghai tertahan 0,41 persen menjadi ditutup pada 3.489,11. Indeks Shanghai telah diperdagangkan pada level tertinggi dalam dua tahun sebelumnya di sesi tersebut menyusul rilisnya angka pertumbuhan kuat Tiongkok pada hari Kamis. Indeks Shenzhen menghapus kenaikan awal hingga ditutup turun 0,14 persen pada 1.921,33.

Saham A.S. ditutup melemah pada hari Kamis karena investor fokus pada kemungkinan penutupan tersebut. Langkah turun lebih rendah terjadi meski perusahaan korporat tetap mencatat pendapatan kuartalan yang solid: Pada hari Rabu, 78 persen perusahaan S & P 500 yang telah melaporkan ekspektasi tertinggi, menurut Thomson Reuters I / B / E / S.

Namun, fokus langsung untuk pasar di negara bagian tetap menjadi tenggat waktu Jumat bagi Kongres A.S. untuk menyampaikan tagihan dana perhentian. DPR mengeluarkan sebuah tagihan pengeluaran pada hari Kamis, meskipun kurang yakin bagaimana pemungutan suara akan dimainkan di Senat.

Dolar AS memperpanjang kerugian setelah merayap turun dalam sesi terakhir menjelang batas waktu Jumat di Amerika Serikat. Indeks dolar, yang melacak mata uang A.S. melawan enam mata uang utama, diperdagangkan pada 90,380 pada pukul 3:12 sore. HK / SIN setelah turun serendah 90.113 semalam.

Kelemahan dalam dolar melihat euro memperpanjang kenaikan semalam untuk diperdagangkan pada $ 1,2255 sementara pound stabil. Greenback juga melayang rendah terhadap yen untuk mengambil 110,84, sebuah sentuhan di bawah penutupan hari Kamis di 111,05.

Dolar Australia naik ke perdagangan di $ 0.8009 setelah data ekonomi China kuat dirilis di sesi sebelumnya.

Perdagangan saham Wanda Hotel Development dihentikan Jumat pagi. Pengembang yang terdaftar di Hong Kong mengatakan dalam sebuah pengajuan bahwa penghentian itu terjadi sebelum “kemungkinan pembuangan yang sangat substansial.”

Sementara itu, Ping An Insurance Group telah mengumpulkan hampir $ 1 miliar dana menjelang daftar rencana unit data medis, Reuters melaporkan, mengutip sumber. Ping An mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis bahwa pihaknya “mengembangkan secara proaktif” teknologi yang mendukung bisnis utamanya, namun disarankan “berhati-hati saat menangani sekuritas” perusahaan tersebut. Ping An yang terdaftar di Hong Kong diperdagangkan lebih tinggi sebesar 0,22 persen pada pukul 3:15 sore. HK / SIN karena kebanyakan nama keuangan lainnya menurun.

Di tempat lain, SoftBank Group di Thurday menjadi pemegang saham terbesar Uber setelah secara resmi menutup kesepakatan tinggi dengan perusahaan pembawa acara. Kesepakatan itu telah memberi nilai Uber sekitar $ 48 miliar, yang merupakan diskon untuk valuasi sebelumnya yang hampir mencapai $ 70 miliar. Saham SoftBank ditutup turun sebesar 0,28 persen, saham teknologi Jepang paling sedikit berkinerja buruk.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Asia akan mencermati pergerakan bursa Wall Street.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here