BOJ Pertahankan Kebijakan Suku Bunga Tetap

395

(Vibiznews – Economy) Bank of Japan mengumumkan pada hari Selasa (23/01) mempertahankan kebijakan moneter tetap stabil, sebuah langkah yang sesuai dengan ekspektasi pasar.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan menyusul kesimpulan dari pertemuan dua harinya, BOJ mengatakan akan mempertahankan tingkat suku bunga jangka pendek tidak berubah pada -0,1 persen dan target yield 10 tahun sekitar 0 persen.

Keputusan untuk mempertahankan kebijakan tidak berubah dilakukan setelah pemungutan suara mayoritas 8-1.

Dalam pandangan kuartalannya, yang juga dirilis pada hari Selasa, BOJ mencatat bahwa hal itu akan berlanjut dengan pelonggaran moneter kuantitatif dan kualitatif dengan kontrol kurva imbal hasil selama diperlukan, untuk mencapai target inflasi 2 persen.

Bank sentral mengatakan bahwa mereka memperkirakan harga konsumen inti – yang mengecualikan harga pangan – naik 1,4 persen pada tahun fiskal 2018 dan 1,8 persen pada tahun 2019, sesuai dengan perkiraan sebelumnya, kata Reuters. BOJ memperkirakan inflasi akan mencapai 2 persen pada tahun fiskal 2019.

BOJ awal bulan ini mengumumkan bahwa pihaknya sedikit mengurangi pembelian obligasi pemerintah Jepang yang berjangka panjang, yang menyebabkan spekulasi bahwa institusi tersebut akan menjadi yang terbaru mengikuti jejak bank sentral global dalam memperketat kebijakan.

Indeks harga konsumen inti Jepang meningkat 0,9 persen pada tahun di bulan November, bulan ke 11 berturut-turut kenaikan tercatat.

Ukuran tersebut diperkirakan akan tumbuh pada level yang sama di bulan Desember, menurut jajak pendapat Reuters. Data Desember dijadwalkan akan dirilis pada hari Jumat.

Ketika harga makanan dan energi dikecualikan, harga konsumen naik hanya 0,3 persen di bulan November.

Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda diharapkan untuk berbicara dalam briefing pasca pertemuan pada hari Selasa dan diharapkan oleh beberapa orang mengharapkan akan adanya perubahan kebijakan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here