Mampukah Ekonomi China Kuat Hadapi Kebijakan Dagang Amerika Serikat

293

Pemerintah China dilaporkan  sedang mempertimbangkan pengurangan pajak untuk mempertahankan pemulihan ekonomi negerinya yang sudah berjalan baik. Pertimbangan tersebut sebagai respon terhadap kebijakan pemerintahan Amerika Serikat terhadap pajak perdagangan luar negerinya.

Sebelumnya kementerian perdagangan China mengekspresikan ketidakpuasan yang kuat mengenai kebijakan pemerintahan Presiden Trump untuk tarif sebesar 30%  impor matahari dan mesin cuci. Presiden Trump pada hari Senin (23/1) memberlakukan tarif 30 persen untuk impor teknologi panel surya  dalam upaya melindungi produsen dalam negeri AS sambil memberi sinyal pendekatan yang lebih agresif terhadap China.

Pemerintahan China menilai bahwa keputusan AS semakin memburuk lingkungan perdagangan global dan berharap AS akan menahan diri untuk tidak menggunakan langkah-langkah pemulihan perdagangannya.

Namun sikap pertahanan pemerintah China untuk angkat ekonominya masih disangsikan banyak ekonom dunia. Setelah pemerintah China mengumumkan pertumbuhan ekonomi di tahun 2017 yang meningkat ke 6,9% dari tahun 2016 yang hanya 6,7% pekan lalu, Reuters memberitakan rata-rata outlook pertumbuhan ekonomi China di tahun 2018 dari banyak analis akan menurun. Outlook tersebut sangat signifikan turunnya yang dipatok hanya 6% saja.

Joel H/  Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here