Kondisi Dollar AS Semakin Buruk Melawan Rival Utamanya

282

Di awal perdagangan forex sesi Eropa, dollar AS anjlok ke posisi terendah dalam tiga tahun terhadap  mata uang utama dunia lainnya seperti euro, poundsterling, yen dan aussie. Kondisi dollar AS yang mengkhawatirkan ini tertekan sentimen pasar akan rencana bank sentral utama  melepaskan stimulus besar mereka yang mengikis  keuntungan yield mata uang A.S.

Indeks dolar, yang mengukur nilai dollar AS  terhadap  mata uang rival utamanya  turun di bawah ambang batas 90.00 untuk pertama kalinya sejak Desember 2014. Selain itu, pelemahan dollar juga dipicu oleh komentar Menteri Keuangan AS dalam konferensi pers World Economic Forum di Davos pada hari Rabu (24/1/18).

Anjlok parahnya dollar sejak perdagangan bulan Desember tahun lalu telah memberikan tumpuan bagi rival utamanya untuk alami percepatan. Seperti euro melesat kuat ke posisi tertinggi 3 tahun; poundsterling menguat ke posisi tertinggi sejak Brexit tahun 2016; yen menguat ke posisi 4 bulan tertinggi.

Indeks dolar kini berada di posisi 89.69 setelah awal perdagangan sesi Asia dibuka lemah pada posisi 90.02 dan sempat jatuh ke posisi terburuk 89.60. Perdagangan sebelumnya indeks ditutup pada posisi 90.10.

Joel H/  Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here