Mnuchin: Pelemahan Dollar Menguntungkan Ekonomi AS

356

Posisi nilai tukar dollar AS pada pasar keuangan internasional yang diperdagangkan terhadap semua rival utamanya terus alami depresiasi hingga perdagangan awal sesi Eropa hari Rabu (24/1/18), dollar AS kini sudah anjlok ke posisi terendah 3 tahun. Lemahnya nilai mata uang Amerika Serikat tersebut disambut baik oleh pemerintahnya yang disampaikan oleh Menteri Keuangan Steven Mnuchin.

Berbicara pada sebuah konferensi pers  World Economic Forum di Davos pada hari Rabu (24/1/18), Steven Mnuchin mengatakan pelemahan dollar akan menguntungkan negara tersebut. Dalam momentum pertemuan pimpinan ekonomi dunia di Swiss tersebut, pemerintah AS menawarkan  investasi ke negerinya. Dengan membuka diri untuk bisnis kepada dunia,  pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan pertumbuhan ekonominya menjadi 3 persen atau lebih tinggi.

Menteri Keuangan AS mempromosikan ekonominya terus terlihat cukup bagus dan merupakan tempat yang sangat menarik untuk diinvestasikan. Mnuchin berulangkali menyatakan bahwa negaranya “benar-benar” berkomitmen untuk melakukan perdagangan bebas dan adil. Dan juga penawaran investasi ini  tidak ada inkonsistensi dengan agenda pemerintahan Presiden Trump yaitu “Amerika First”.

Dollar AS yang sudah lemah bertambah lemah oleh sentimen pasar merespon pernyataan Menteri Keuangan, dimana  indeks dolar sudah tergelincir 0,47 persen untuk hari ini.  Pelemahan dollar AS telah berlangsung sejak perdagangan bulan Desember tahun lalu.

Joel H/  Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here