EURUSD Akhir Januari Terus Melaju Meski Data Ekonomi Mixed

259

Jelang perdagangan forex sesi Amerika hari Rabu (31/01) pair EURUSD melaju terus di atas level 1.2400 dengan kenaikan 0,5% setelah aksi jual pada obligasi AS perdagangan sebelumnya stabil. Telah terjadi profit taking terhadap obligasi AS dengan imbal hasil tertinggi di 2,71% sehingga menekan posisi dollar AS.

Kekuatan euro perdagangan akhir bulan Januari ini semakin stabil dengan pijakan positif beberapa rilis data ekonomi kawasan Euro seperti  rilis angka inflasi lanjutan di kawasan euro yang menunjukkan  nilai sesuai perkiraan. Setelah itu menerima suntikan dari rilis data unemployment rate yang tidak berubah untuk kawasan Euro. Sebelum rilis diatas, pair EURUSD berhasil melewati tekanan dari rilis penurunan penjualan ritel Jerman yang drop -1,9% di bulan Desember.

Perdagangan selanjutnya hingga sesi Amerika, pergerakan EURUSD diperkirakan masih terus kuat jika rilis data ekonomi AS untuk ADP employment change turun sesuai dengan perkiraan yang semakin melemahkan dollar AS. Pergerakan dollar AS terus negatif setelah awal minggu sempat rebound oleh sentimen positif pengumuman kebijakan Fed pekan ini serta data NFP.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here