Pertumbuhan Industri Tiongkok Januari Terendah 8 Bulan

238

(Vibiznews – Economy) Tiongkok melaporkan pada hari Rabu (31/01) bahwa aktivitas pabrik menurun, lebih kecil dari yang diperkirakan pada bulan Januari, dengan indeks Purchasing Managers Manufacturing resmi membukukan angka 51,3. Angka itu merupakan pembacaan terendah sejak Mei 2017.

PMI manufaktur Tiongkok diperkirakan akan turun ke 51,5 di bulan Januari dari 51,6 di bulan Desember, menurut sebuah jajak pendapat dari para ekonom oleh Reuters.

Angka di atas 50 mengindikasikan ekspansi, sementara pembacaan di bawah ini menunjukkan kontraksi.

Para ekonom memperkirakan ekonomi Tiongkok akan mendingin pada 2018 setelah secara tidak terduga pada 2017 karena pemerintah meruntuhkan industri yang mencemari dan tingkat hutang yang tinggi.

Pengukur PMI resmi Tiongkok berfokus pada perusahaan besar dan perusahaan milik negara, sementara satu set pembacaan lainnya oleh Caixin dan IHS Markit berfokus pada perusahaan kecil dan menengah – bahwa kumpulan data dijadwalkan akan dirilis pada hari Kamis.

Pertumbuhan industri jasa Tiongkok meningkat, dengan PMI non-manufaktur resmi naik menjadi 55,3 dari 55 pada bulan Desember, yang mencerminkan transisi ekonomi terbesar kedua di dunia terhadap konsumsi dan layanan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here