Poundsterling Sangat Rapuh Dengan Berita Negatif Brexit

308

Kekuatan rally pair GBPUSD perdagangan akhir bulan Januari 2018 hari Rabu (31/01) yang naik ke posisi tertinggi pekan ini sempat terpukul kuat oleh berita seputar Brexit di Inggris. Semakin lemahnya kekuatan dollar AS dalam 2 hari perdagangan terakhir membuat nilai poundsterling terus melaju.

Pair GBPUSD sempat menembus kisaran 1.4200 namun jatuh ke posisi 1.4120 merespon laporan bahwa pejabat Uni Eropa  telah menolak usulan City of London untuk kesepakatan perdagangan bebas mengenai layanan keuangan. Poundsterling rentan sekali dengan berita terkait Brexit yang negatif, terutama mengenai latar belakang kabinet Inggris Theresa May yang dapat merugikan perundingan dengan UE.

Poundsterling bisa saja menembus kembali kisaran 1.4200 pada sesi Amerika jika rilis data ekonomi AS untuk data ADP semakin melemahkan kekuatan dollar. Beberapa saat lagi akan dirilis data ADP yang diperkirakan lebih rendah dari periode sebelumnya, data ini menjadi sentimen positif bagi pelaku pasar untuk pair GBPUSD.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here