Traveling Dengan Kereta Api, Pahami Dulu Kelas Dan Sub Kelas

449

Alat transportasi kereta api kini mulai populer di kalangan wisatawan. Para traveler banyak yang menjadikan kereta api sebagai pilihan transportasi karena kereta api dinilai semakin nyaman, terutama untuk kaum muda yang haus petualangan dan berlibur dengan low budget. Namun, sebelum kamu merencanakan perjalananmu menggunakan kereta api, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu perbedaan kelas dan sub kelas pada kereta api. Hal ini berhubungan dengan pemesanan tiket kereta api. Apalagi jika kamu memesan tiket kereta api melalui situs online seperti Traveloka. Dengan memahami perbedaan kelas dan sub kelas kamu dapat menentukan pilihan perjalanan saat memesan tiket kereta api online. Berikut penjelasan singkat tentang kelas dan sub kelas pada kereta api.

Jenis Kelas Kereta Api

Terdapat tiga kelas dalam kereta api yaitu kereta api eksekutif, kereta api bisnis dan kereta api ekonomi. Ketiga kelas kereta api tersebut kini dilengkapi dengan fasilitas pendingin udara atau AC sehingga kenyamanan penumpang terjamin. Karena dilengkapi pendingin udara, tentu saja larangan merokok diberlakukan di seluruh jenis kereta api tersebut. Selain itu, pedangang asongan juga dilarang berjualan di gerbong kereta api, termasuk di gerbong kereta api ekonomi. Beberapa hal yang membedakan ketiga kelas kereta api tersebut adalah:

Kualitas tempat duduk

Susunan tempat duduk untuk kelas eksekutif dan bisnis biasanya 2-2,sedangkan untuk kelas ekonomi 2-2 dan 3-3. Kursi kelas eksekutif biasanya lebih empuk dan dapat diatur sandarannya. Jarak kursi depan dan belakangnya biasanya lebih luas untuk kelas eksekutif dan bisnis sehingga penumpang lebih nyaman meluruskan kakinya.

Fasilitas yang didapat

Kelas eksekutif dan bisnis menyediakan selimut dan bantal gratis, serta terdapat layar LCD di ujung gerbong untuk bisa ditonton penumpang. Hal ini berbeda dengan kereta api ekonomi yang tidak menyediakan fasilitas tersebut.

Waktu tempuh

Kereta api ekonomi memiliki waktu tempuh yang lebih lama jika dibandingkan dengan kereta api bisnis atau eksekutif, karena kereta api eksekutif maupun bisnis tidak menyinggahi semua stasiun.

Harga tiket

Hal yang paling jelas membedakan ketiga kelas kereta api ini adalah harga tiket. Harga tiket kelas eksekutif biasanya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan kelas bisnis atau eksekutif.

Pembagian Sub Kelas Kereta Api

Setelah kamu memahami jenis kelas kereta api sebagai pertimbangan perjalanan liburanmu, sekarang tidak ada salahnya jika kamu memahami apa itu sub kelas dalam kereta api. Sub kelas kereta api merupakan pembagian zona tempat duduk dalam kereta api. Pembagian sub kelas ini berlaku untuk gerbong kereta api baik kelas eksekutif, bisnis maupun ekonomi.

Sebenarnya tidak ada perbedaan fasilitas yang didapat penumpang dari perbedaan sub kelas kereta api ini. Namun untuk beberapa kereta api, sub kelas ini ternyata mempengaruhi harga tiket saat pemesanan tiket kereta api.

Untuk kelas eksekutif terbagi menjadi zona A, H, I, J, X. Sub kelas A biasanya ditawarkan dengan harga mahal, dan sub kelas X umumnya merupakan tarif promo. Untuk kereta api bisnis terbagi menjadi sub kelas B, K, N, O, Y. Sub kelas B memiliki tarif tiket tertinggi, sedangkan zona Y merupakan kursi dengan tiket promo. Demikian pula dengan kereta api ekonomi yang terbagi menjadi sub kelas C, P, Q, S, Z. Tiket untuk kursi di sub kelas C memiliki harga tertinggi, sedangkan zona Z merupakan tiket promo.

Sub kelas dengan harga mahal biasanya memiliki keuntungan-keuntungan tertentu seperti dekat dengan gerbong restorasi atau toilet. Selain itu, tiket di sub kelas mahal biasanya terletak di tengah gerbong yang memungkinkan penumpang mendapatkan akses pintu gerbong yang lebih mudah. Sub kelas gerbong tengah juga lebih nyaman, karena penumpang akan merasakan sedikit goncangan jika dibandingkan dengan gerbong ujung kereta api.

Nah, sekarang kamu punya lebih banyak referensi saat memesan tiket kereta api sehingga nanti perjalanan liburanmu jadi lebih nyaman. Kamu bisa mengecek informasi lebih lanjut di traveloka.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here