Kepemimpinan Janet Yellen di Fed Berakhir Pekan Ini

180

Gambar Janet Yellen diatas yang selalu muncul setiap akhir bulan saat pertemuan Komite Kebijakan Fed FOMC sejak Februari 2014 sudah tidak terlihat usai pertemuan perdana mereka pekan ini. Janet Yellen sudah tidak menjabat lagi sebagai pimpinan tertinggi Federal Reserve dan diganti dengan Jerome Powell.

Selain memutuskan  kebijakan moneter terbaru untuk bank sentral AS, FOMC juga memutuskan minggu ini akan mengangkat Jerome Powell sebagai ketua baru yang efektif pada hari Sabtu dan akan dilantik secara resmi pada hari Senin (05/02). Keputusan  tersebut merupakan langkah formalitas mengingat Jerome Powell sudah dikonfirmasi oleh Senat sebagai ketua Fed yang baru.

Sebelumnya pada tanggal 2 November 2017 Presiden Donald Trump mengumumkan Jerome Powell akan menggantikan Janet Yellen saat masa jabatan sebagai ketua Fed berakhir akhir bulan Januari 2018.

Janet Yellen telah memimpin Fed sejak Februari 2014, namun Presiden Donald Trump memilih untuk tidak menunjuknya kembali dikarenakan Jerome powell mampu membantu peningkatan ekonomi yang diharapkan pemerintahan Trump. Masa jabatan Yellen sebagai ketua Fed ini merupakan yang terpendek sejak akhir 1970-an.

Jerome Powel yang mengisi masa jabatan pimpinan Fed berikutnya, bukanlah orang yang baru di Bank Sentral AS dan juga pasar keuangan global. Sejak tahun 2012 beliau sudah masuk dalam dewan gubernur Fed, dan bagi pasar keuangan global pendapat atau komentar Powell juga sering menjadi acuan pergerakan pasar.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here