IHSG 5 Februari Berakhir Bearish Oleh Profit Taking Asing

421

(Vibiznews – IDX) Pada penutupan perdagangan awal  pekan Senin sore (05/02), Indeks Harga Saham Gabungan berakhir anjlok 0,6 persen atau 39 poin, pada 6590. Anjloknya indeks saham hari ini mendapat tekanan kuat dari profit taking investor asing pasca keuntungan perdagangan pekan lalu.

Sore ini IHSG berakhir dengan 107 saham menguat, 217 saham melemah dan 86 saham stagnan. Transaksi saham terjadi sebanyak  12,4 miliar saham dengan nilai nominal Rp7,1 triliun, dengan frekuensi sebanyak 353,925 kali.

Merahnya IHSG mendapat pukulan dari anjloknya semua sektor saham, dengan penurunan terbesar pada sektor Aneka Industri yang melemah 1,87 persen. Hingga akhir sesi terjadi profit taking investor asing dengan  dana asing yang keluar pasar modal mencapai net Rp 657,18 miliar.

Selain rilis data PDB Indonesia yang tidak mencapai target ekspektasi pasar, sentimen negatif yang melemahkan bursa saham Indonesia dapat dari anjloknya bursa saham kawasan Asia pasca kerugian perdagangan saham Wall Street akhir pekan lalu. Namun pada sesi Amerika malam nanti terdapat sentimen positif dari rilis data ekonomi AS yang dapat hijaukan kembali bursa Wall Street.

Jul Allens/VMN/VBN/Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group 
Editor : Joel H

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here