Kekuatan Rebound Yen 7 Februari Terpangkas Oleh 2 Faktor

359

Dollar AS kembali bergerak bullish jelang perdagangan sesi Amerika malam ini, sehingga membantu pergerakan USDJPY rebound. Mata uang safe haven Yen yang berhasil rebound sejak awal sesi Asia, mulai tergerus sedikit demi sedikit oleh kuatnya aksi beli dollar AS di pasar spot.

Yen yang sempat menguat di sesi Asia karena turunnya yield obligasi Amerika pada akhir perdagangan sesi Amerika semalam, berusaha ditekan kembali oleh bangkitnya kembali yield obligasi AS ke posisi rekor. Terpantau yield obligasi AS tenor 10 tahun naik 1 basis poin menjadi 2,76% dari posisi sebelumnya di 2,66%.

Kini pair USDJPY telah menemukan pijakan kuat kembali untuk bergerak di atas kisaran 109.00 setelah sejak perdagangan sebelumnya bergerak pada kisaran 108.40 atau posisi terendah dalam 5 hari perdagangan.

Untuk perdagangan selanjutnya pair berpotensi kuat terus menuju posisi resisten hariannya, namun jika terkoreksi kembali akan meluncur ke posisi pembukaan perdagangan di kisaran 108.91.

Sebagai katalis penggerak dollar AS malam ini akan ada momen pidato 3 pejabat Fed dari tempat yang berbeda, jika komentar mereka hawkish akan menambah jalur bearish dollar dan memperkokoh rebound USDJPY.

Jul Allens/VMN/VBN/Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Joel H

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here