IHSG Akhir Pekan Ditutup Anjlok Parah oleh Aksi Investor Asing

669

(Vibiznews – IDX) Pada penutupan perdagangan akhir pekan Jumat sore (09/02), Indeks Harga Saham Gabungan berakhir anjlok cukup signfikan  0,6 persen atau 39 poin, pada 6544,63. Semakin ambruknya  IHSG pekan ini dipicu oleh aksi jual investor asing sangat banyak.

Sore ini IHSG berakhir dengan 89 saham menguat, 222 saham melemah dan 87 saham stagnan. Transaksi saham terjadi sebanyak 11 miliar saham dengan nilai nominal Rp.8,2 triliun, dengan frekuensi sebanyak 333,282 kali.

Sore ini IHSG tertekan oleh 9 sektor yang merah, dengan pelemahan terbesar di sektor mining yang anjlok hingga 2,48 persen. Namun hanya 1 sektor saja yang terpantau masuk zona hijau yaitu sektor industri dasar.

Untuk dana asing yang keluar hingga penutupan perdagangan hari ini paling banyak dalam sepekan, aksi jual saham investor asing  mencapai net Rp 1,7 triliun.

Banyaknya saham yang dijual oleh asing dipicu oleh buruknya perdagangan saham secara global dengan bursa saham Asia hari ini dibuka merah ikuti ambruknya perdagangan saham Wall Street perdagangan sebelumnya.

Jul Allens/VMN/VBN/Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Jul A

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here