Hawkish Pidato Gubernur RBA Batasi Rally Aussie Dolar 16 Februari

912

(Vibiznews – Forex) – Gubernur bank sentral Australia (RBA) Philip Lowe menyampaikan pidato di hadapan Komite Tetap Parlemen Australia hari Jumat (16/02) mengenai kondisi ekonomi di Australia. Dari beberapa pernyataannya pagi ini dapat memberikan sentimen positif bagi pergerakan aussie dolar di pasar keuangan global, namun pair AUDUSD hanya bergerak konsolidasi dan cenderung negatif.

Salah satu pernyataan Lowe pagi ini mengenai pergerakan suku bunga acuan, dimana RBA rate berpotensi akan naik. Lowe juga berkeingianan untuk kurs aussie yang lemah menjadi lebih tinggi. Sentimen positif ini tidak memberikan pair untuk lanjutkan rally yang sudah terbentuk 5 hari berturut sebelumnya.

Terpantau nilai aussie dolar dalam pair AUDUSD masuki perdagangan sesi Asia dibuka turun pada posisi 0.7941 dan hanya sempat naik ke posisi 0.7948. Kini mata uang yang memiliki yield lebih tinggi dari mata uang utama lainnya ini berada di posisi 0.7940. Posisi pair terkini retreat dari puncak tertinggi 8 hari perdagangan.

Salah satu kurs komoditas yang sangat berpengaruh dengan pergerakan harga komoditas, aussie menerima sentimen negatif dari retreat harga minyak mentah. Perdagangan sebelumnya harga minyak mentah naik ke posisi harga tinggi 5 hari, namun pagi ini terpantau harga minyak WTI sedang konsolidasi dalam zona merah.

Tampaknya harga minyak alami profit taking pasar pasca rally selama 2 hari berturut sebelumnya merespon beberapa sentimen seperti pelemahan dollar dan kemarin ditambah komentar Menteri Energy Arab Saudi memperjelas komitmen OPEC memangkas produksi mereka.

Hingga akhir perdagangan sesi Amerika, analis Vibiznews melihat pergerakan harga tidak seperti hari-hari sebelumnya merespon sepinya perdagangan pasar keuangan kawasan Asia pasca libur Hari Raya Imlek. Pair AUDUSD sedang mengetes kisaran support di 0.7910 hingga 0.7850, dan jika terjadi koreksi positif akan naik ke kisaran resisten 0.7965 hingga 0.7980.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here